Sanak Zultan.

Nampaknya ado perbedaan jo perhitungan Ambo

Harga jual emas = 13 X Rp. 6 juta                                            =
Rp. 78,00 juta
Modal                                                  = Rp. 24,90 juta
Pembayaran kepada Pegadaian =
12 X Rp. 2.8 juta                                 = Rp. 33,60 juta
Jumlah
            = Rp. 56,50 juta
Laba
            = Rp. 19,50 juta
Persentase keuntungan = 19,50/24,90 = 78%

Jumlah yang dibayar kepada Pegadaian seharusnya
12 X Rp. 3, 320 juta                            = Rp. 39,84 juta

Sehingga perhitungannya menjadi sbb.:

[...]
            = Rp. 64,74 juta
Laba
            = Rp. 13,26 juta
Persentase keuntungan = 13,26/24,90 = 53,25%

Perhitungan titik BEP

Jumlah emas yang dimiliki = 13 x 10 gram = 130 gram
Modal + Hutang ke Pegadaian = Rp. 64,74 juta

Harga pergram = Rp. 64,74 juta /130 gram = Rp. 498.000

Kesimpulan
Apabila harga emas dibawah Rp. 498.000 per gram, maka akan terjadi kerugian.

Mohon koreksi

Salam

Reflus