Assalamu alaikum , dunsanak sadonyo,

Sekitar thn 2003 sampai 2005 saat karajo di Jakarta, ambo sering ikut kegiatan
komunitas Rantaunet, baik di dunia maya ataupun kegiatan nyata, kopi darat
istilahnya. Menarik sekali mengikuti perbincangan saat itu, saya sebagai org yg
awam dg budaya minang karena besar di rantau jadi banyak belajar ttg budaya
minang karena nya.

Perbincangan di milis saat itu,(sekitar thn 2003-2005) sangat menarik dan jadi
pelajaran bagi saya utk lebih memahami budaya minang dan mengetahui siapa
sebenarnya orang Minang itu. Untuk itulah saya kumpulkan tulisan2 email yg
menarik tsb. Dikumpulkan dengan cara yg sederhana saja membagi2 bidang
pembicaraan,kemudian dijadikan satu file tersendiri.

Kumpulan tulisan tsb saya namai Rantau Maya, perbincangan di rantau maya,
maksudnya Rantau net yg saya anggap perantauan orang minang di dunia maya.

Intinya ialah telah banyak waktu dan pikiran yg kita habiskan dalam
perbincangan di dunia maya ini, dan sebenarnya banyak pikiran2 bernas yg
berharga, bisa jadi pelajaran bagi orang banyak. Sayang kalau hanya terbuang
percuma saja.

Saya berharap ada dunsanak lain nya yg juga mengumpulkan perbincangan yg
menarik di milis di masa2 selanjutnya. Jadi bisa dibuat semacam tulisan berseri.

Buku kumpulan sebagian perbincangan di milis Rantaunet sekitar thn 2003-2005
tsb, telah saya upload di Internet, sehingga setiap orang bisa men download nya
dg gratis, alamat link nya ialah :

http://www.mediafire.com/view/wp54ogsowcocd8y

Semoga bermanfaat ada nya, semoga  jadi amal jariah juga bagi para penulisnya,
atas ilmu dan informasi berharga yg disampaikan dalam tulisan tsb

salam
HM malin sinaro