Soal kesejahteraan dan beban kerja tantu memang harus diperhatikan,
tapi itupun hanyo merupakan sebagian dari kompleksnyo masalah
kesehatan di awak. Untuak mengatasinyo harus komprehensif (tapi tidak
berarti simultan). Penanganan parsial ndak banyak bermanfaat, malah
bisa2 melanggar peraturan dan hak orang lain.

Contohnya, tahun 85 saya mengaudit RS M. Jamil, Padang. Disitu ada 2
paviliun "swasta" (ndak tau kini masih ado atau ndak). Program ko
memang bisa berdampak positif untuak kesejahteraan dokter dan perawat
(diluar masalah ada yang ngiri ga kebagian tugas di situ). Program ko
pun berhasil meningkatkan kepuadan pelanggan (yang punya uang,
tentunya) Tapi di sisi lain ini melanggar aturan yang berlaku waktu
itu, dimana penerimaan seharusnya disetor seluruhnya ke kas negara,
bukan dibagi2 begitu saja (denga aturan sekarang itu dimungkinkan,
kalau RS nya sudah merupakan BLU). Dan ini juga mengganggu "hak orang
lain", karena gedung dan fasilitasnya dibangun dengan beban APBN,
malah makanan pasien swasta itu dari dapur RS juga (artinya yang
seharusnya untuk pasien "biasa).

Tentang beban kerja, ya ini juga harus ada aturan main. Ambo
bandiangkan jo di South Australia (dulu ambo pernah tingga di asrama
punyo rumah sakik Modbury, jadi mainnyo jo dokter2 dan perawat). Di
situ rumah sakik cuma melayani rujukan plus emerjensi sajo. Lainnyo yo
harus ka HC tau ka dokter praktek. Dan Dokter spesialis pun hanya
melayani rujukan. JAdi ndak paralu lo urang dek panau pai ka RSCM atau
ka Dokter spesialis (sabalun disuruah dokter umum/ puskesmas).

Tapi sabananyo ujuang2nyo - pemerintah lai baniaik atau ndak? Kan
regulator pemerintah, nan kato perundangan wajib mambuek urang sehat
yo pemerintah.

Riri
L 46---

On 28 Mar, 10:32, Arina Widya Murni <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:
.
> Mangko ambo mamikiakan soal kasejahteraan patugaih
> bapangaruah karano ambo kini barado di dalam nyo.
> Jumlah patugaih kok di caliak-caliak ndak sabandiang
> jo jumlah urang nan ka di layani, sahinggo baban
> karajo jadi labiah banyak. kalau di caliak di rumah
> sakik swasta di Padang nan ambo sato lo di dalamnyo
> yaitu Rumah sakik Islam Siti Rahmah di By pass. dek
> alun sa rami Mjamil lai manyanangkan palayanan nyo
> (manuruik pasien nan pernah di rawat di sinan ). Ambo
> tantu alun bisa mambandiangkan jo kondisi di nagari
> urang tu...

> [...]
http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-rantaunet.
- Tulis Nama, Umur & Lokasi anda pada setiap posting.
- Hapus footer & bagian tidak perlu, jika melakukan reply.
- Email attachment, DILARANG! Tawarkan kepada yg berminat & kirim melalui jalur
pribadi.
- Posting email besar dari >200KB akan dibanned, sampai yg bersangkutan minta
maaf & menyampaikan komitmen mengikuti peraturan yang berlaku.