Mak Ngah dan Sanak Adyan

Kebiasaan orang Quraisy untuk bepergiaan dimusim dingin dan musim panas seperti
yang terdapat dalam firman Allah dalam Alquran surah 106 ayat 1-2 sebetulnya
ada penjelasannya  ,  bahwa orang Quraisy biasa melakukan perjalanan terutama
untuk berdagang ke Negara Syam pada musim panas dan kenegeri Yaman pada musim
dingin . Dalam perjalanan itu mereka orang - orang Quraisy mendapatkan jaminan
keamanan dari penguasa dari  negeri-negeri   yang mereka lalui  . Disamping itu
secara logika dapat kita simpulkan bahwa orang - orang  Quraisy dalam melakukan
perdagangan selalu menghindari cuaca dingin , makanya memilih berdagang keutara
dimusim panas dan melakukan perjalanan perdagangan  ke selatan dikala musim
dingin untuk mencari cuaca yang lebih hangat . Ini adalah suatu nikmat yang
amat besar dari Tuhan kepada mereka , maka sewajarnya mereka menyembah Allah
yang telah memberikan nikmat itu kepada mereka  dan hal ini bukanlah merupakan
celaan  terhadap orang Quraisy

  Wassalam : zul amry piliang .

hambociek <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Tanyo nan rancak ko Angku Adyan.

Ambo raso sabaliaknyo, bahkan Allah malinduangi jalan perdagangan
Urang Quraish tu dengan manyuruah buruang mahumbani Tantara Gajah
Abraha tahun 570 nan mancubo marusak jalan dagang tu bahkan ingin
maruntuahkan Kabah. Surek Al Fil (105) jo Surek Quraish (106) ko
kaik-bakaik hubuangannyo.

Salam,
--MakNgah

--- In [EMAIL PROTECTED], Adyan  wrote:

> [...]
Al_Qur'an;

> Assalamualaikum pak,
>
> Jadi apakah ayat ini mengandung celaan pada pola dagang orang
Quraisy
> yang kebiasaannya berdagang ke Syam dan Yaman pada musim panas -
musim
> dingin itu?
>
> Mohon maaf,
>
> Adyan

melalui jalur pribadi
dibanned
- Hindari penggunaan reply utk topik/subjek baru