Pak Syof, bahasa anda bijak sekali. Anda dapat memposisikan semua pihat pada
posisi yg netral.
Masalah media didaerah, terutama di Sumatera Barat, semuanya berangkat dari
manajemen keluarga, kalau ndak salah. Baru setelah Padek masuk, konon katanya
dari Jawa Pos barulah keberadaan dan indipendent media baru dirasakan. Semangat
berkompetisi baru dirasakan. Keberadaan media sebagai pewarta dapat dilihat
dari perkembangannya, Padek menjadi selalu di depan karena tingkat kritisnya
lebih dibanding media yg lain. Disini kita dpt lihat bahwa masyarakat butuh
media sebagai media yg mewartakan berita yg berkembang. Yg menjadi pertanyaanya
adalah, masih adakah media yg kritis sebagai penyeimbang bagi para penguasa
bila seorang pemimpin umum yg mempunyai oteritas menentukan hitam putihnya
berita. Ini akan menjadi preseden yg buruk bagi perkembangan media di ranah.
Seperti sifat orang kita, Kalau orang jawa bilang " wuh pakewuhnyo itu yg ngak
tahan" sagan manyagan ko nan mambawak kapa ko karam. Jadi permasalahan
sebenarnya adalah sebuah media yg dapat menjadi penyeimbang bagi perkembangan
Sumatera Barat.
sukurlah kalo groupnya Gramedia mau melebarkkan sayapnya, walaupun hal ini
sudah didahului oleh Jawa pos yg sudah duluan. Memang kalau kita dengar gaji
kawan2 media di daerah, miris rasanya pak. Setahu saya kalo dijakarta, masuk
media merupakan orang2 yg berkwalitas. Tingkat seleksinya pun tinggi. iP yg
disaratkan pun tinggi. Begitu juga dg gaji. Mereka tidak akan mau terima
amplop, karena kode etik jurnalistik, mungkin Rangkayo Mulie dpt manambahkan
(beliau ko kuliah di jur. Jurnalistik, batua kan rangkayo). Sedangkan kawan
didaerah yo maharok amplop, karena gajinya sangat jauh dari ideal.
Harapan kita media diSumbar dpt meng educasi masyarakat dan menjadikan
masyarakat sebagai pasar. Bukan pemerintah, karena sekarang peran media tidak
lebih dari sebagai kepanjangan tangan pemda. Mudah2 dg masuknya group Gramedia,
kompetisi semakin bagus. Begitu juga hendaknya pemda, jangan mendidik wartawan
menjadi seorang pewarta yg bisa dibeli.

Nanang, sedang merana karena Jerman kalah he....he.....
Sent from my BlackBerry® wireless device from XL GPRS/EDGE/3G network