> Kalau dibuka kitab Bey Arifin "Hidup sesudah mati", Bercerita mengenai
> hari akhirat, dikatakan bahwa pemimpin adalah orang yang pertama yang
> paling
> banyak ditanya oleh Allah swt. Bermacam-macam hal akan ditanya.

Assalamu'alaikum.w.w.

 ...kita teruskan yang kemaren agak sedikit .....

 **"Adapun dirinya menjauhi yang dilarang oleh Allah dan dirinya mencegah
 orang lain  dari berbuat kemungkaran"**

 Pemimpin yang 'adil, dia akan menjauhi apa yang dilarang dan dia mencegah
 orang lain dari berbuat yang dilarang itu.

 **"Adapun jikalau dirinya tidak mengerjakan yang disuruh oleh Allah dan
 orang jua yang disuruhnya atau ia mengerjakan yang dilarang oleh Allah dan
 orang jua yang dilarangnya, maka yang demikian itu imam atau gantinya
 (wakilnya) yang membelot dan keluar ia dari yang bernama 'adil"**

 Maksudnya, dia tak berbuat, disuruhnya orang berbuat atau dia membuat yang
 dilarang, orang lain dilarangnya, ini sifat pemimpin yang tidak 'adil.
     Jadi kita harus ingat yang namanya 'adil itu...
 'Adil bagi orang kita tak berat sebelah, ini definisi orang kita, ataupun
 tidak menyebelahi pihak manapun. Kalau kita buka kamus bahasa Indonesia,
arti 'adil itu ialah tidak menyebelahi pihak mana pun,
atau 'adil itu adalah sama rata.
    Dalam Islam tidak sesuai dengan arti yang seperti itu.
 Makna 'adil dalam Islam adalah melatakkan sesuatu pada tempatnya.
 Artinya, kalau ada orang mencuri,  hukumnya dipotong tangannya.
....itu hukumnya.
 Orang berzina.... di dera(cambuk, rotan)  atau dirajam, itu hukumnya
 ..... barulah 'adil.
 Kalau orang mencuri itu dipenjara.. Eh tidak 'adil tu.
 Tapi banyak orang menganggap lain.
Dikatakannya . kasihan lah orang yang mencuri tu.
..... ini persoalannya. Dia tak kasihan dengan orang yang kena curi itu, dia
 malah kasihan dengan orang yang mencuri.... kan aneh.
 Mengapa dia kasihan dengan orang yang mencuri ?,
 tak kasihan dengan orang yang kena curi ?....aneh.
 Lagipula kita harus berpikir, mengapa kita takut dengan hukum 'hudud' itu
?.
 Mencuri kah kita?. Yang takut orang yang mencuri lah.
Yang tidak mencuri mengapa takut ?.... anehnya banyak orang yang tidak
 setuju. Kita khawatir dia mau melakukan perbuatan itu, itu sebab dia takut.
 Kalau sempat korupsi sekian miliar ketahuan....aa.... habis dia.
 Takutlah dia kena potong. Ini yang kita khawatir, orang yang tidak setuju
 itu mungkin ia telah dan akan melakukan kesalahan itu.
   Juga, bila hukum Allah ta'ala berjalan, jangan pandang hukumnya.
 Disinilah letak kesalahan banyak orang. Jangan dipandang hukum potong itu,
 jangan dipandang hukum rajam itu,
 .....tapi hendaklah dipandang keamanan akibat hukum itu diberlakukan.
 Itu yang sering salah pandang, banyak orang salah, karena tak pernah
 mengaji, tidak pernah mengikuti majlis ilmu, tidak pernah mengkaji.
Orang yang mengkajipun banyak yang tidak paham.
 Yang mengaji dan mengkaji tidak paham, yang tidak..... apalagi.
 Makanya datanglah mengaji. Kita yang mengaji setahun bab negara Islam belum
 paham seluruhnya, belum 'alim lagi. Orang yang tak mengaji, apalagi.
Dia hanya mendengar berita, mendengar cerita, baca koran saja lalu dia
 comment "hukum Allah ta'ala zhalim.."
 .... Eh.  Kalau saya boleh bilang, orang seperti ini apa hukumnya ?. Kalau
dia
 mati.... ditanam di kuburan salib, atau toapekong.... Kafir.

 ... eh..lah panjang pula ..... beresok kita sambung....

Wabillahil hidayah wat taufiq
Wassalam

Padang, Juni 2008
Lab. Perancangan dan Konstruksi Mesin