Selasa, 05/08/2008 09:44 WIB
Rafiqa Qurrata A - detikNews

Jakarta - Pada undangan bernuansa biru yang dikirim melalui surat elektronik
itu, ada potret pengamat politik dan peneliti CSIS Indra Jaya Piliang. Itu
bukan undangan seminar biasa, namun pengumuman resmi perubahan status Indra,
dari pengamat menjadi pelaku politik praktis.

"Saya akan jadi caleg dari daerah saya di Sumatera Barat II. Saya merasa
sudah saatnya pulang, dan menjadi politisi untuk membantu mengatasi masalah
yang ada di daerah pemilihan saya, di Pariaman, di Bukit Tinggi," kata Indra
saat berbincang dengan detikcom, Selasa (5/8/2008).

Indra bercerita tentang kondisi sekarang yang berbeda dari zaman Orde Baru
dulu. Saat ini, kata dia, semua orang sudah bisa jadi pengamat. Tidak
pandang usia, pendidikan, atau latar belakang.

Padahal, bukan hanya pengamat yang dibutuhkan negeri ini, namun justru
pelaku. Indra menilai sumber daya manusia politisi itu terbatas dan sebagian
besar tidak berasal dari pendidikan politik yang cukup.

"Ini sinyal untuk para peneliti dan intelektual dan para aktivis. Kita dong
sekarang yang harus menjadi aktornya. Itu harus digerakkan. Apakah jauh
lebih baik jika artis yang menjadi politisi, atau intelektual, coba? Ini kan
pilihan yang harus diberikan kepada publik," urainya.

Apalagi, lanjut Indra, masyarakat semakin skeptis dan apatis dengan politik
Indonesia. Kondisi ini menurutnya sangat mencemaskan dan membahayakan.

Siapa yang akan mengusung Anda menjadi calon wakil rakyat? "Biar surprise,
hari Rabu saja kita umumkan. Ya nanti pasti tahulah. Yang jelas, saya sudah
terdaftar sebagai caleg," ujarnya jenaka.
(fiq/iy)

melalui jalur pribadi
dibanned