Itulah tujuan ambo masuak ka dunia politik. Politik itu bukan ruang kosong
malompong. Masing-masing TPS nanti akan menunjukkan, seberapa besar dukungan
kepada partai, seberapa besar ke caleg. Wakil rakyat itu kan hanya istilah
yang dipopulerkan oleh Iwan Fals. Kini, Iwan Fals alah bapolitik pulo, di
PPP.

Nanti, system politik makin mengarah ke system distrik. The winner takes
all. Itu baru bisa menjadi wakil rakyat murni, di DISTRIK PEMILIHANNYA.
Sistem distri hanya menampatkan satu pemenang di satu distrik. Kalau ada 6
kursi kini di Sumbar II, dalam sistem distrik, akan dibagi lagi menjadi 6
distrik pemilihan. Sumbar akan dibagi ke dalam 14 distrik pemilihan. Yang
paling banyak mendapatkan suara, dia yang mewakili rakyat di DISTRIK
PEMILIHAN itu.

Soal darah dan keringat, kita juga mesti lihat, apakah warga negara membayar
pajak? Ketika saya makan di satu rumah makan, apakah pajak makan saya
diambil oleh pemerintah daerah? Nanti saya mulai mengambil bon-bon makan.
Kalau rumah-rumah makan tidak punya bonnya, saya bisa minta tim bikin bon
sendiri, tetapi ditandatangani oleh pemilik warung, lengkap dengan nomor
kontaknya.

Suara rakyat ada di kotak-kotak suara nanti. Politisi yang bertanggungjawab
adalah yang menghargai suara rakyat atau suara pemilihnya itu.

Ini bagian dari pendidikan politik itu. Makanya, kenali dengan baik
caleg-caleg di daerah tuan. Kalau tuan terus menggonggong, akan banyak caleg
berlalu. Caleg bukan sinterklas.

Jangan terlalu berandai-andai. Saya tidak mau berandai-andai: LIHAT NANTI,
SEANDAINYA NANTI. Itu terlalu abstrak. Anggota DPR/DPRD diikat juga dengan
sumpah jabatan, dengan UU Susduk, dllnya. Kewajiban-kewajiban
konstitusionalnya ada dalam UU itu. Makanya, ketika menjadi anggota DPR
nanti, baru kemudian saya jelaskan apa saja yang dilakukan oleh DPR.

Sekarang, baru tahap sosialisasi. Tetapi penting saya ingatkan bahwa saya
akan sangat memperhatikan daerah-daerah yang memilih saya nanti, setiap
butir suara saya perhatikan. Kalau suara saya besar di Agam, kenapa pula
saya harus sering-sering ke Pariaman? Soalnya setiap daerah mengajukan
syarat serupa: perhatikan daerah kami. Secara matematika, tidak semua daerah
bisa mendapatkan perhatian. Anggota legislatif itu dibagi-bagi ke dalam 77
daerah pemilihan. Makanya sistem dibangun, supaya tidak berantakan dan
kabur-mabur.

ijp

  _____