assalamu'alaikum Bapak2/Ibu, Uda2, Uni, dan seluruh dunsanak di palanta ko.

kecendrungan beberapa tokoh2 penting aktivis dan pengamat politik masuk ke
dalam sistem membawa angin baru dalam pencapaian sistem politik yang sehat di
Indonesia. hal ini juga menanda pergerakan extra parliamentary  semakin
ditinggalkan karena tidak mampu secara significant memperbaiki keadaan.
kekuatan parlemen dan eksektif yang terlalu kuat dikendalikan oleh orang-orang
yang pro kemapanan individualistik dan sekterian cendrung mengabaikan rakyat.

memang perjuangan idealis calon politisi baru ini sangat dibutuhkan bukan
karena rakyat memiliki alternatif pilihan baru, namun lebih kepada semangat
perubahan ke arah yang lebih baik dan keberpihakan kepada rakyat. tentu
landasan ideologi juga menjadi kekuatann utama. karena orang akan berbuat
sesuai dengan ideologi yang dianutnya.

berkaca pada pemilu-pemilu sebelumnya, sebenarnya masuknya para aktivis dan
pengamat politik dalam parlemen bukanlah sesuatu yang baru. kenyataan juga
membuktikan ada di antara mereka yang akhirnya berubah haluan dan ikut larut
dalam gemerlang dan rayuan kekuasaan. di sisi lain masih jua ada yang tetap
berjuang sebagaimana yang ia niatkan dari awal. tapi politisi bersih yang pro
rakyat ini cendrung pada aksi solo. kesendirian memperjuangkan idenya.
dikucilkan oleh teman-teman yang lain karena kevokalannya. kalaupun ada yang
sependapat, itupun sekedar simpati. hingga akhirnya yang kita lihat adalah
suara-suara kritis individu. karena pengambilan keputusan di parlemen kita
bukanlah berdasarkan mana yang baik dan bagus, tapi lebih kepada suara
terbanyak, akhirnya suara politisi tadi seakan redup oleh kebijakan voting yang
dilakukan secara bersama-sama.

sehingga menurut saya, calon politisi pembaharu jika nanti terpilih menjadi
anggota legislatif atau eksekutif harus membuat jaringan yang kuat sehingga
bisa menghantam dan menyinkirkan secara perlahan namun pasti politisi-politisi
busuk yang nonkrong di parlemen atau badan-badan pemerintahan. tentu untuk
mencapai itu semua, rakyat harus memilih calon politisi idealis ini sehingga
dari mereka banyak yang masuk parlemen sehingga bisa menggalang kekuatan dan
beraksi di parlemen.

tapi, saya melihat ada semacam invisible hand yang bermain di parlemen,
sehingga bisa merubah politisi2 yang dulunya dikenal vokal, baik, dan pro
rakyat tapi lambat laun jadi tak bertaring dan ikut dalam arus besar yang ada.
saya tidak tahu bagaimana bentuk kekuatan itu. konon kalau di Amerika Serikat,
kekuatan itu adalah Yahudi. kalau di indonesia saya tidak tahu. apakah
orang-orang orde baru ataukah militer ataukah lembaga-lembaga asing yang juga
mencongkolkan taringnya di parlemen lewat staff ahli atau yang lain? mungkin
uda-uda yang pakar di bidang politik bisa memberikan jawaban atas hipotesa saya
ini.

mungkin di akhir ini saya hendak bertanya kepada uda-uda dan uni-uni sekalian,
terkhusus yang dari PAN dan PKS.
1. beberapa waktu yang lalu Amien Rais menyatakan akan maju dalam Pilpres 2009.
apakah ini sudah terlambat, dimana rakyat banyak yang antipati kepada Amien
yang tidak mau mengawal reformasi ketika 1999 dengan lebih memilih menjadi
Ketua MPR. tahun 2004 membuktikan tesis kemuakan masyarakat kepada beliau. dan
ternyata pilpres besok mau maju lagi setelah berkampanye memaparkan kebobrokan
rezim sekarang yang dapat dibaca di buku beliau "Selamatkan Indonesia"?
pertanyaan saya apakah beliau memang tokoh reformis dan anti terhadap asing???

2. apakah misi PKS untuk memperjuangkan pemberlakuan syariat islam dalam sistem
hukum negara kita masih menjadi agenda utama??? apakah benar anggota legislatif
PKS tidak menerima uang-uang yang g jelas? ataukah uang itu diterima, tapi
diberikan kepada partai atau diberikan pada rakyat dalam bentuk bantuan
sosial???

Dapatkan alamat Email baru Anda!
melalui jalur pribadi
dibanned