Batua Pak Zul
tentang pendidikan pernah ambo baciloteh jo kawan2 bantuak di bawah ko
semoga Bung IJP inyo dek marasokan bana tamasuak ambo
pendidikan nan salah satu nan bisa mambelokan hiduik awak  agak sanang
kok urang awak rato2 marantau yo mambaok tulang salapan karek jo utak
buliah dikatokan pantang mambaok harato pusako ka rantau urang
---------------Salam Jepe (43 , Pku)
PE

PENDIDIKAN ANAK TIRI YANG KESEPIAN

By : Jepe

Topik dari saya minggu ini buat ngeramain milis

Tentang dunia pendidikan kita

judulnya saya ambil dari salah satu lirik lagu Iwan Falls

dalam albumnya Gocap berbanding Gocap alias 50 : 50

Coba deh kawan2 bayangin...Judul
itu..resapi deh...yang dalam

Tau kan Streotip Anak Tiri...pernah nonton kan

waktu jadul sekolah taon 70 an ..nonton bareng ke Biskop
judul Pilemnya

Ratapan Anak Tiri...pokoke...kagak enak betul jadi
"anak tiri"

Disiksa...dipukul..dimaki...macem2 tu ulah Ibu Tiri..dalam
pilem jadul..tersebut

Ibu Tiri..kagak pernah sayang...dan manjaain..kita

sayangnya..kalo ada Papa kontan kita..:)

Pendidikan skarang ibaratnya ya seperti itu

seperti lirik lagu si Iwan..

Udah anak Tiri...cilakanya Kesepian lagi

udah deh..ancur-ancuran pendidikan bangsa kita

Betapa mahalnya Pendidikan sekarang ini

tipa taon ajaran baru..ortu dipastikan kelimpungan

nyediaan biaya buat sianak yang mo sekolah

dari TK sampe Perguruan Tinggi

Syukur yang rejekinya Gede...alias banyak Dokatnya

nggak sampe..Jungkir Balik memburu duit tuk biaya Pendidikan

nah bagi yang cekak ..bagi yang robek kantong dan dompet
ortunya

Udah "Jungkir Balik" sampe Modar..pingsan aja yang
belom

jangan2 udah pingsan..mala Koit..(Ada beritanya di Tipi..Fakta..bukan di
alam Dongeng)

Anak pintar dan Cerdas..apa daya..Pendidikan mahal

Ortu hanya..mengusap dada..menangis dengan air mata jatuh ke "dalam"

melihat si anak..putus sekolah

ilang deh..generasi Pintar bangsa ini nantinya

bukan satu yang begitu

Ribuan..bahkan jutaan di Negara yang kaya ini

Gila...parah..parah..prihatin banget kita..terenyuh

Ini Fakta..fakta..dan Fakta

itu selalu ditayangkan di Tipi

setiap taon baru ajaran

aneka rupa...jeritan tentang Pendidikan ini

Pendidikan memang "Anak Tiri" banget dalam Kesepian

Sepi..Sunyi..tiada yang hirau..gelap gulita..tanpa seberkas
cahaya

untuk...meneranginya...

Lalu disebuah tayangan layanan Informasi

disebutkan Memberikan Pendidikan buat anak

adalah INVESTASI....

Investasi.?.perlu sedikit kita ragukan kalo masih begini

Ya..kalo anak kita mo pintar..dan cerdas..berilmu

ini..kagak bisa dinilai dengan Materi..kudu dibaca Uang

ini Investasi....Otak.

Tapi kalo disisi ekonomi..Materi

Kita mo Investasi buat anak kita..di Pendidikan

artinya secara Materi..atawa uang yang telah kita benamkan

buat anak kta..kelak menjadi "Orang Pintar dan Sukses
secara Materi"

kita bicara tingkat pengembalian "Modal" lebih
jelasnya

Uang yang kita tanamkan tadi..buat si Anak

Return of Investment nya..wah..kalo begitu mahal pendidikan

kapan BEP..kapan memetik "untungnya" bagi si Anak

Contoh kita mo lanjutin sekolah anak ke Universitas terkenal

kata seorang temen seangkatan saya Rinati..sewaktu dia ke Pekanbaru

Ratusan Juta..Ndi

Ok..kita bayar...sampe tamat..tarok lima taon

Total Investasi Ortu//mungkin 300 Jeti..400 Jeti..bisa jadi
malah lebih

ya itu tadi Pendidikan Anak
Tiri dalam Kesepian

Si Anak tamat..memasuki dunia kerja

mo ROI..mo cari dulu titik BEP..dari Investasi ortunya

Paling Fresh Graduate..rata-rata gajinya kita tarok aja 3
Juta

setaon sekitar 36 juta..ada bonus..reward THR dll..ya 40 Juta

Perlu waktu..delapan taon itu baru BEP..untungnya Kapan

Maish untung (inilah kita..dalam kerugian selalu ada masih
untung..nggak..pa..pa)

kalo tamat lansung kerja..nah kalo nganggur..wah cilaka

buktinya..lapangan kerja sekarang...sempit banget

Ratusan Ribu Sarjana..D3..apalagi SMA yang kagak kerja alias
Penganggur..Bingung

Beda ama jaman kita dulu..yang Pendidikan anak kontan banget

tidak pernah kesepian...selalu...di manja

Betapa Murahnya...orang tua setiap malam tidur nyenyak

besok..pagi mo kerja..kagak perlu jungkir balik..sana sini

cari Uang buat anak yang nuntut ilmu di negeri seberang

Tingkat pengembalian Investasinya (ROI)

Gua pikir..cukup 1 atau 2 taon kita udah kerja

klar sudah BEP nya..tahun ketiga bisa dikit bahagiakan Ortu

misal kepengen dia Naik Haji..dulu nggak kesampaian..kita
kirimin ortu uang

sewaktu kita kuliah..demi si anak

naik haji Tunda dulu..iklasnya..luar biasa

Sebelum gue akhiri..simak lagi lirik lagu si Iwan

dalam album yang sama

Negara harus bebaskan biaya Pendidikan

Agar kita Pandai mengarungi Samudra

Agar kita tidak Bodoh dan tidak mudah di tipu

Jika selalu menjadi Anak Tiri dalam kesepian

yakinlah..anak kita..Tidak Pandai..mengarungi Samudra

Yakinlah anak kita nantinya..Bodoh..dan Mudah di Tipu

abis bangsa lain nantinya anak2nya..pada Cerdas Pintar

Saya himbau buat kawan2 alumni

walau kita sebuah komunitas...kecil

baut kecil dalam Negara ini

Jangan masa bodoh..mari Peduli

Teriakankanlah..pada Negara

Mereka...harus menjadikan Pendidikan "Anak Kontan yang
di Manja"

Kita dukung anggota Dewan kita yang lagi teriak

untuk meminta.minimal .Biaya Pendidikan 20 % dari Total APBN

Agar..Pendidikan Murah...Gratis..buat anak kita

dan tentunya Investasi..yang nantinya bisa dipetik oleh
Negara

Anak-anak bangsa ini nantinya mengarungi Samudera..begitu
tangguh

Tidak mudah mereka di tipu oleh anak-anak Bangsa yang lain

Peduli..lah..kita sama Pendidikan..teriak terusss..sama
pemegang

sama pengambil keputusan di dunia Pendidikan di Negara ini

Jangan pilih partai yang kagak peduli ama Pendidikan

Ilmu adalah harta yang kagak bisa di "curi"

 (Dicuri sama dengan di Garong..di maling dalam arti
yang sebenar-benarnya..begitu)

di otak si anak..

Salam-JP/26 Agustus 2007