Saya kira Bung Indra kurang menangkap pesan saya.  Tdk pernah saya katakan
mrk tdk menempuh pendidikan tinggi, tapi apa iya utk menciptakan manusia
sekaliber mereka perlu sebuah universitas bonafid ?  Tidak ada yang benci
dengan ilmu pengetahuan, karena itu bertentangan dengan tuntunan Nabi SAW.
Tapi hadits Belajarlah sampai ke negeri China itu adalah hadits palsu. Jan
dibaok-baok pulo utk kampanye, nyo galak an dek urang beko .....

Proses penyadaran kolektif orang-orang di Minangkabau adalah Proses
penyadaran akan kembali kepada jati diri mereka sebagai etnis yang
bersendikan kitabullah dalam dinamika kehidupannya.

Salah satu tugas politisi adalah mendengar segala tetek bengek keluhan,
saran, dan masukan. Pasti ada yang sesuai selera, dan akan sangat banyak
yg tdk sesuai dengan selera. Proses pembelajaran dan pematangan saya kira.

wassalam,
Ronald

[EMAIL PROTECTED]
Sent by: RantauNet@googlegroups.com
08/28/2008 11:32 PM
Please respond to
RantauNet@googlegroups.com

RantauNet@googlegroups.com
cc

Subject
[EMAIL PROTECTED] Re: Politisi Juga Manusia==> universitas

Bung Ronald bisa menujukkan data-datanya? Bahwa Hatta, Syahrir, Tan
Malaka, Yamin, dllnya itu tidak menempuh pendidikan tinggi? Kebencian
kepada ilmu pengetahuan hanya akan mendekatkan diri kepada kebodohan.
Kebodohan adalah sumber dari kemiskinan, dllnya. Ini doktrin dari zaman
apapun. Doktrin Nabi Muhammad SAW juga. Belajarlah sampai ke negeri China.
Tan sampai ke Cina, Hatta ke Belanda, dllnya. Sebuah perantauan
intelektual.

Saya tidak percaya dengan data-data yang menunjukkan kualitas anak-anak di
Sumbar II itu. Standarnya jelas, berapa orang yang bisa masuk ke perguruan
tinggi yang standarnya sudah disusun secara internasional dan nasional?
Lulusan terbaik SMA 2 Pariaman, ada di milis ini, sekarang kuliah di
Universitas Leiden. Tabulasi data ini penting. Saya kira konsentrasi
sebuah lembaga kajian yang saya bentuk nanti adalah menginventarisasi
seluruh sumberdaya manusia terbaik di wilayah Sumbar, secara umum, dan
Sumbar 2, secara khusus. Kalau perlu sampai ke wilayah kabupaten dan
kecamatan. Biar nanti kita tidak bicara tanpa data dan fakta yang jelas.

Ada banyak anak Minang yang kuliah di luar negeri, tetapi sebagian besar
mereka menempuh pendidikan tinggi di pulau Jawa, sejak sebelum
kemerdekaan. Sumbar tidak memiliki sumberdaya alam yang cukup. Masa depan
Sumbar terletak di bidang sumberdaya manusianya. Pendidikan adalah kunci
dari sumberdaya manusia itu. Kalau tidak, Sumbar akan dilindas oleh
persaingan global yang bercirikan kemajuan ilmu pengetahuan dan penguasaan
teknologi tinggi.

Pendidikan agama tentu sangat amat diperlukan. Tidak bisa dipisahkan dari
pendidikan secara keseluruhan. Pendidikan agama adalah rohnya. Adalah
jiwanya. Sementara bidang-bidang lain adalah jalan lempangnya, toolsnya.

Saya akan terus kampanyekan ini, sebagai bagian dari proses penyadaran
kolektif orang-orang di Minangkabau.

ijp

Jangan lupa nanti malam, ANTV, pukul 22.00. kirim sms sebanyak-banyaknyo,
membantu pihak TV agar bisa taruih membuat tontonan iko.
Berpartisipasilah.

ijp

This e-mail may contain confidential and/or privileged information. If you

are not the intended recipient (or have received this e-mail in error)
please notify the sender immediately and destroy this e-mail. Any
unauthorized copying, disclosure or distribution of the material in this
e-mail is strictly forbidden.

---

melalui jalur pribadi
dibanned