----- Pesan Asli ----
Dari: Ronald P Putra <[EMAIL PROTECTED]>
Kepada: RantauNet@googlegroups.com
Terkirim: Jumat, 29 Agustus, 2008 15:28:28
Topik: [EMAIL PROTECTED] Re: Politisi Juga Manusia==> universitas

Kalimat Tuntulah Ilmu sampai ke negeri China, bukanlah sabda (atau Doktrin ?)
Nabi SAW , karena tidak satupun sanadnya yang sampai ke Rasulullah SAW.

btw, saya rasa cukup.  Minang tidak kehilangan jati dirinya sebagai etnis yang
orangnya pintar-pintar dan berilmu tinggi, tapi Minang mulai kehilangan jati
dirinya sebagai negeri yang melahirkan para Ulama dan pemikir besar.  Kita
hanya berbeda dalam hal prioritas. Itu saja.

wassalam,
Ronald

[EMAIL PROTECTED]
Sent by: RantauNet@googlegroups.com
08/29/2008 02:24 PM
Please respond to
RantauNet@googlegroups.com
 To RantauNet@googlegroups.com
cc
Subject [EMAIL PROTECTED] Re: Politisi Juga Manusia==> universitas

Doktrin, bukan hadist. Banyak doktrin dalam pendidikan yang disampaikan Nabi,
Al Qur’an, dllnya. Doktrin lebih sebagai bentuk dorongan, daripada sebuah
naskah yang otentik. Saya kira orang bisa membaca dengan baik apa yang saya
tulis.

Soal etnis yang bersendikan Kitabullah, ABS-SBK, itu silakan para tetua
mendiskusikannya. Tidak ada pertentangan sebetulnya antara agama dan adat dalam
alur kebudayaan Minangkabau. Kitabullah itupun mengalami proses penafsiran,
maka ada tafsir Al Azhar, dllnya. Tidak bisa sembarang orang mengatakan bahwa
tafsir Al Qur’an harus seragam.

Di sini ada Buya Mas’ud Abidin. Beliau sudah banyak menulis buku. Kalau ada
yang tidak saya ketahui dengan baik, pasti saya bertanya ke beliau. Begitu juga
tentang kewajiban menuntut ilmu pengetahuan, pasti beliau lebih tahu dan paham
dari saya.

Pembangunan sebuah universitas di Sumbar 2 akan menghalau banyak doktrin anti
ilmu pengetahuan yang merayap di ranah Minang yang hanya menguntungkan kalangan
tertentu saja. Kemajuan Islam sebagai sebuah peradaban ditunjukkan dengan
perpustakaannya yang sangat luas di Baghdad, dllnya. Kehancuran peradaban Islam
dimulai dengan serangan terhadap perpustakaan-perpustakaan Muslim oleh pasukan
Gengis Khan dari Mongolia. Sebagian naskah itu terselamatkan, di bawa ke Eropa,
lalu membawa pengaruh kepada Aufklarung.

Saya membaca dengan baik biografi Hamka, Hatta, Salim, dllnya itu. Dan sungguh
saya heran, kenapa orang mengatakan bahwa universitas tidak mempengaruhi cara
berpikir orang-orang hebat itu. Tapi saya tidak berbicara soal masa lalu. Saya
berbicara soal masa depan, 50 tahun lagi, barangkali. Hanya dengan jalan ilmu
pengetahuan masa depan generasi anak-cucu Minang nanti akan menjadi lebih baik.

Agar anak-anak muda Minang pergi ke mesjid dan surau, isilah surau dan mesjid
dengan perpustakaan. Maka mereka pasti betah berlama-lama. Mengaji, berguru,
membaca, berilmu. Kesalehan spritual yang bergabung dengan kesalehan
sosial-intelektual.

Wassalam,

Ijp

ijp

This e-mail may contain confidential and/or privileged information. If you
are not the intended recipient (or have received this e-mail in error)
please notify the sender immediately and destroy this e-mail. Any
unauthorized copying, disclosure or distribution of the material in this
e-mail is strictly forbidden.

Nama baru untuk Anda!
Cepat sebelum diambil orang lain!
melalui jalur pribadi