R I D W A N
Oleh: K Suheimi

Nama Ridwan sesuai namanya kerjanya selalu menolong orang.Kami ekeluarga
ditolongnya di Jeddah. Bersama istrinya Iris dia tahu apa kita butuhkan, dia
tahu yang kumau. Baru kali itu saya kenal dan jumpa denganya tapi rasanya sudah
akrab  seperti  sahabat yang  sudah  lama tak jumpa.
Dicarinya kami di King Abdul Azis pelabuhan udara jeddah. Digenggam eratnya
tangan saya keika bersalaman. IstrinyaIris juga langsung menyalami istri saya
sambil membawa kue resole  dan donat serta sus. Kue ini saya bagikan pada
rombongan kami dari kelompok Multazam utama. Syukur pucuk dicinta ulam tiba ,
Kami bersyukur dengan adanya seorang sahabat baru yang menghayati kebutuhan
kami.
Ridwanlah yang  saya sms ketika saya menulis di Masjidil Haram, Sms ini
disalinnya diatas kertas di editnya kemudian dikantor diketiknya dengan rapi
baru di kirman di inernet. Saya sadari tulisan yang  saya tulis lewat tengah
malam itu cukup panjang, maklaum bahan renungan setiap perstiwa yg saya alam
dan saya asakan. Peristiwa itu dalam keadaan yang masih hangat dan baru saja
terjadi langsung dikirim Ridwan ke Maya Pada kali ini,ada 5 bahan renungan yang
saya kirim :
1 Buka bersama putri dan pangaran Raja Brunei di masjil Haram
2. Ciuman tulus negro di masjidil haram
3  Di belakang Imam
4 toleransi di Asjidil Haram
5 Ka'bah
Semua disalinya dan dibuatnya lebih bagus pakai jarak paragraf dan rapi. Saya
tak bisa meulis  seperti   Ridwan itu.

Istrinya iris ternyata sepupu saya  karena Iris terlahir dari  adik ayah saya.
Disinilah kami pertama kali bertemu. Di Jeddah kota tempat pertama kali nenek
kita siti Hawa menjejakkan kakinya di dunia.  Ada yang mengatakan Siti Hawa
kuburannya disini. Ketika tadi kami ziarah, semua beranggapan bahwa di tempat
itu dikubur siti Hawa, tapi batu mejannya tak ada.

Iris tahu persis apa yang dibutuhkan  istri saya, entah dari mana dia tahu
bahwa isti saya suka di pijit terutama seudah keja  sesudah kerja berat umrah
tawaf dan Sa'i. Hari itu istri sangat mendambakan pijitan. Tiba2 Iris mengajak
istri saya ke Mushalla yang nyaman sambil mebawa minyak urut habata saudah.
Diurutnya dipijitnya dan diurutnya lagi sampai istri saya tertidur dengan
nyenyak di mushala dia terus saja memijit.

Dan itulah tidur yang  terlelap  nyenyak dan nyaman dalam pijitan Iris kata
istri saya. Terima kasih yang tak terhingga kami sampaikan pada keluarga
Ridwan  yang suka menolong. Ridwan adalah ketua perwakilan urang awak minang di
Jeddah. Jika ada kematian jika ada kemalangan, jika ada yang  bermasalah mereka
akan cari Ridwan. Sore itu saya lihat  Ridwan di kerumuni oleh petugas
traveling  dan dia akrab dengan  orang di Bandara jeddah ini
Kalau ada kesulitan atau kelebihan barang beri tahu saja saya, katanya sambil
mengantarkan kami  check in  masuk  ke imigrasi
Saya lambai dia bersama anaknya  ang beri tahu saja saya  ya  Dilla dan
istrinya Iris. Dihati ini terpahat sebuah nama Ridwan  sebagai nama  Malaikat
penjaga sorga. Dan saya tak lupa mengucapkan terima kasih pada Elthaf yang
memperkenalkan Ridwan ini pada saya
Selamat Tingal Ridwan slamatinga Jeddah insyaallah satu saat kami kembali lagi

Jeddah  30 september 2008

melalui jalur pribadi
dibanned