Bpak, Ibu, Uda, Uni dan Dunsanak di palanta yang ananda hormati.

Kemarin, selasa, tanpa diduga Harry Poeze sejarawan yang konsen dengan
penelitian Tan Malaka datang memberikan ceramah di Fisipol UGM. Saya tidak bisa
hadir karena publikasi tentang seminar Tan Malaka yang diadakan ilmu
pemerintahan UGM ini tidak disebar. Saya hanya mendapat sedikit review dari
salah seorang teman yang berkesempatan hadir dari seminar yang dirangkai dengan
peluncuran buku Poeze tentang Tan Malaka yang rencananya diterbitkan dalam 6
jilid. yang dilaunching kemarin baru jilid pertama.

saya tidak tahu apakah ada agenda Poeze ke padang, ya paling tidak untuk
membakar kembali semangat kaum muda di Sumbar untuk belajar, memproses diri
melalui perjuangan yang telah ditorehkan oleh Tan Malaka. Karena selama ini ada
pen-daku-an bahwa Tan Malaka hanyalah milik teman-teman yang konsen dalam
aliran sosialis-marxisme saja. saya kira orang minang lebih berhak meneruskan
perjuangan Tan Malaka..

ttd
anggun gunawan
menjelang 24 tahun-jogja