Tepat tadi sore, teman saya memotong hewan kurbannya. Bukan bermaksud menepuk
dada, ia mengatakan terpengaruh pendapat saya tentang national barbekyu party.
Kalau saya mengkonversikan harga seekor kambing pada bantuan pendidikan seorang
anak, kawan saya ini memilih memotong kurban ketika pesta mulai usai.

Ia memotong hewannya hari ini. Lalu dibagikan pada para tukang koran, tukang
sampah dan tukang langganannya. Tentu saja tukang-tukang plus kolegannya. Niat
kawan saya ini sederhana, membantu mereka tetap kontiniu memakan daging.
Terutama pasca bakar-bakaran sate sudah selesai. Disaat porsi nasi kembali
meningkat. Pada masa kemarukan kecil berakhir. Disanalah ia membagikan daging.

Kawan saya ini bukan penjudi. Tapi ia berani bertaruh. Di hari tasyrik pertama,
stok daging sisa kemarin sudah habis tepat ketika makan malam berakhir. Akibat
terlalu banyak disate atau dibuat sop, ditambah prinsip mumpung gratis lalu
pesta kecil berlangsung di hampir setiap keluarga negeri ini. Nah, di hari
tasyrik kedua, tepat hari ini, ia memotong kambing dan membagikannya ke
keluarga kenalannya. Asumsi dasarnya, setelah sempat kekenyangan daging, lalu
mereka akan lapar daging. Ketika daging didapatkan lagi, mereka akan bisa
menikmati secara bijak.

Inilah landasan perbuatan kawan saya. Ia ingin pengorbanan yang ia lakukan,
bisa menjadi berarti bagi para penerimanya. Tak hanya habis untuk barbekuan
kecil dengan prinsip aji mumpung.

Saya menghargai usaha kawan saya ini. Bersama tukang-tukang langganannya,
mereka mengurus kurbannya secara independen. Namun saya masih berharap, tahun
depan ia bergabung dengan saya. Mengkonversikan harga seekor kambing layak
korban menjadi bantuan pendidikan anak keluarga yang tidak beruntung.

Wassalam

MS/29