Yah Nis, alangkah cepatnya komunikasi kita, kalau tahu menggunakannya.
Sebentar saja jelujur kenangan kita antara yang terpisah dengan Lautan
Besar ini, beda waktu antara siang dan malam, namun bahan cerita dapat
diketentahkan di Lapau dalam beberapa menit saja.

Di antara teman kita sekangkatan di SGA-NegeriPayakumbuh (70
orang)rupanya sudah 39% yang mendahualui kita. Kita doakan untuk
kesehatan bersama dari "Kirai-kiraian" yang tinggal ini.

Ada cerita sejarah yang ingin saya ketahui juga. Kalau ada teman-teman
atau sumber-sumber di Payakumbuh mengenai Riwayat Jembatan Ibu, Cerita
Masa Revolusi diDaerah yang menyedihkan barangkali dapat kita
ketengahkan kepada adidunsanak kita yang ada di Lapau ini.

Salam,
Sjamsir Sjarif

--- In [EMAIL PROTECTED], Hayatun Nismah Rumzy <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Assalamu Alaikum W. W.
> Mohon maaf begitulah kita, kadang2 informasi itu ada didepan mata
kita tapi kita tak menyadarinya. Baru saja menelepon sdr. Irmei Imran
(Im) teman kami dengan Mak Ngah yang sama2 kami kenal semenjak 56
tahun yang lalu. Kami sama2 di Jakarta, jadi kami sering mengadakan
reuni yang jumlah pesertanya makin lama makin berkurang satu demi
satu.   Baru hari Minggu kemarin kami mengadakan reuni dan kebetulan
Im tak dapat hadir karena tak enak badan.
> Kami yang hadir sebanyak 8 orang mengusahakan chatting dengan Mak
Ngah sayang sambungan kurang baik tapi kami masih sempat sharing
photos di YM.
> Beginilah cerita sdr. Irmei Imran.
> Im ini orang Kota Gadang yang bapaknya seorang guru.  Keadaan
kehidupan waktu itu susah sekali.  Pada tanggal 25 Desember 1943 Im
dan abangnya diajak bapaknya ke Padang Panjang karena di Padang
Panjang ada pembagian daging.  Katanya sebagai seorang ayah yang
anaknya sudah lama tidak makan daging berjalan kaki mereka dari Koto
Gadang dan sampai di Kota Baru Im merengek2 letih berjalan kaki dan
akhirnya mereka naik kereta api. Bapaknya duduk dikelas (dapat tempat
duduk) tapi Im dan abangnya berdiri diantara pintu2 WC.Baru sebentar
naik kereta api itu di Pakan Rabaa dekat pompa air dibengkolan (orang
Padang Panjang tentu tahu tempatnya) terjadilah kecelakaan
tersebut.Bapaknya Im meninggal ditempat dan kedua anak tersebut
mengalami trauma yang hebat dan Im juga cedera tulang punggungnya yang
sesudah kecelakaan tersebut dia diharuskan memakai papan penyangga.
Cerita2 orang yang memotong jari mengambil cincin dsbnya juga
diceritakan Im karena susahnya hidup
>  pada zaman tersebut.
> Jumlah korban disa'at itu kira 200 orang. Menurut Im ini adalah
sabotase Jepang.
> Kata Im kecelakaan ada 2 kali yang kedua di Anai dan ini juga banyak
korbannya tapi tidak sebanyak yang pertama. Sekarang bagaimana pula
kecelakaan yang kedua ini?