Info yang termuat di koran online www.kompas.com hari ini

Apakah Sumatera Barat bisa pula seperti Malaysia ini ??? Saluang sajo nan
ka manyampaikan ............

Wassalam,
HM Dt.MB
Moderator milis RGM-GM & Sulitanet
http://mulyadisulita.wordpress.com

Minat Kuliah di Malaysia Meningkat
/
 Jumat, 16 Januari 2009 | 20:23 WIB
BANDUNG, JUMAT - Minat masyarakat Indonesia kuliah di negara jiran
Malaysia terus meningkat beberapa tahun terakhir. Terutama, di tengah
kondisi krisis finansial saat ini. Malaysia mulai dipercaya sebagai
alternatif utama WNI mencari pendidikan berkualitas dan terjangkau di luar
negeri.

Hal itu diungkapkan Director Education Kedutaan Besar Malaysia dalam jumpa
pers Pameran Pendidikan Tinggi Malaysia di Hotel Aston Tropicana, Jumat
(16/1) sore. Ia menuturkan, saat ini, sekitar 10.000 mahasiswa Indonesia
menimba ilmu di Malaysia. Jumlahnya meningkat lebih dari dua kali lipat
dibandingkan lima tahun lalu.

Menurutnya, salah satu keunggulan Malaysia, adalah pendidikan berkualitas
yang terjangkau. Biaya kuliah, sampai dengan selesai (strata satu) itu di
negeri cukup dengan rata-rata Rp 50 juta. "Untuk swasta, empat kali
lipatnya," ujarnya.

Sementara biaya hidup, mengutip hasil survey Jakarta Post, ia mengkalim,
biaya hidup di kota besar di Malaysia misalnya Kuala Lumpur, lebih murah
daripada Jakarta. "Jakarta di urutan 11 sedangkan Kuala Lumpur 33,"
ucapnya.

Dengan biaya yang terjangkau ini, bagi WNI yang hendak kuliah di luar
negeri, Malaysia bisa menjadi alternatif utama. Adapun bidang-bidang
unggulan universitas asal Malaysia adalah bisnis, akunting, teknologi
informasi, desain grafis, dan perhotelan. Beberapa program studi di bidang
ini sudah berbahasa pengantar Inggris.

Pemerintah Malaysia, ucapnya, telah menargetkan jumlah mahasiswa asing
yang ada di Malaysia mencapai 100.000 di 2010 mendatang. Sehingga,
Malaysia ke depannya, dapat menjadi salah satu melting pot antarbangsa ,
setidaknya di tingkat Asia Tenggara di dalam hal pendidikan. Terbanyak
berasal dari Indonesia.

Adapun pameran yang berlangsung di Bandung Sabtu (17/1) dan Minggu (18/1)
ini akan mengikutsertakan sedikitnya tujuh perguruan tinggi dari Malaysia.
Diantaranya, Universiti Malaya, Universiti Malaysia Sabah, International
Islamic Colleges, dan Multimedia Universiti.

Yulvianus Harjono

> Waalakumussalam, wr. wbr.
>
> Pak Abraham Yth.
>
> Sabanonyo ambo iyo indak paham pulo apo nan Pak Abraham sampaikan.
>
> Jadi kami nan PNS ko indak buliah ma-awai dan memakai kato-kato parawisata
> ?, dan baa kok maanggap bahwa kami di kampuang nan bakarajo PNS kok indak
> yakin lai pado apo nan dikarajoan ?
>
> Lha.., terbukti kan nan di kecekkan Pak Achjar Chalil, muter-muter, kepada
> yang tidak substansi.
>
> Pak Abraham Yth. menegenai definisi parawisata sudah saya ceritakan dengan
> [...]

____________ _________ _________ _________ _________ _________ _________
Confidentiality Notice: The information in this document and attachments
is confidential and may also be legally privileged. It is intended only
for the use of the named recipient.
Internet communications are not secure and therefore PT. Pupuk
Sriwidjaja does not accept legal responsibility for the contents of this
message.
If you are not the intended recipient, please notify us immediately and
then delete this document. Do not disclose the contents of this document
to any other person, nor take any copies.
Violation of this notice may be unlawful.