Teringat juga, bagi  yang telah melihat pekuburan baqi atau ma'la (Di Medinah
dan Makkah) hanya terlihat seonggok batu, tanpa nama, makam itu adalah makam
'orang-orang besar' dalam sejarah Islam. Ada Usman Bin Affan dan Syuhada
lainnya di Baqi, Siti Khadijah di Ma'la, makam Nabi dengan dua orang Sahabat
(Abu Bakar dan Umar)  didalam Mesjid Nabawi memang salah satunya bertujuan
supaya tidak diambil orang untuk dijadikan berhala dan tidak dijadikan  'objek
wisata' (seperti kejadian zaman sahabat, dimana hampir 3 kali percobaan
pencurian jasad nabi) ada yang rencananya di bawa ke Mesir dengan tujuan agar
kunjungan Umat Muslim beralih ke Mesir.

Di Padang Uhud juga terdapat perkuburan Syuhada Uhud, dimana Paman Nabi Hamzah
merupakan sahid diantara penghuninya, dan hanya seonggok batu sebagai Nisan
atau pertanda tanpa nama pula, yang kalau diterjemahkan dengan bentuk makam di
Indonesia bisa dikatakan 'tidak diurus'.

Untuk menjawab masalah perkuburan ini, pernah Nabi Bersabda dengan terjemahan
bebasnya 'Makamkanlah Saudaramu ditempat meninggalnya'

Atau mungkin memang pepatah sudah berganti 'Harimau mati meninggalkan Belang,
Manusia Mati meninggalkan Makam'

Wallahu'alam

Wass.

DYEK