Sanak Suryadi dan Dunsanak Sadonyo.

Jangankan membandingkan antar Kendari dengan BIM, membandingkan antara
pelayanan penyedia jasa taxi di Kendari dengan Rumah Makan Padang yang juga
ada di Kendari itu saja akan menghasilkan kesimpulan yang fantastis.

Ini berdasarkan pengalaman saya tahun 2004, sudah lama memang.

Tentang taxi, buat saya itu memang fantastis. Saya belum pernah menemukan di
kota manapun di Indonesia, taxi bagus2, argonya rendah, kota kecil, tetapi
supirnya tetap ramah. Pada saat itu saya sempat berpikir: "siapa yah, di
belakangnya?" kok bisa senyaman ini pelayananannya.

Pengalaman menakjubkan lainnya, yang justru *kebalikannya, justru dengan
Rumah Makan Padang* di sana.

Ceritanya, saya dan seorang teman sampai di Kendari malam. Di airport
dijemput dengan mobil kantor (*waktu itu saya masih menjadi abdi masyarakat,
jadi kalau ke daerah dijemput pakai mobil kantor*). Sampai di hotel, kawan
saya ingin minum kopi, tapi hotel tidak bisa menyediakan karena "dapur"nya
tidak 24 jam.

Muter2 kota nyari warung yang buka, ada yang buka, tetapi tidak menyediakan
kopi. Di Kendari trnyata kopi bukan "minuman warungan".

Untung ketemu seorang Polisi, yang kemudian memberi tahu tentang satu Rumah
Makan Padang yang buka 24 jam, di situ ada kopi.

Sampai di RMP yang dimaksud, 4 orang sedang sibuk mambantiang batu (main
domino) di meja bagian belakang. 2 atau 3 lainnya menonton.

Beberapa di antara mereka sempat menengok ke arah kami, tetapi tetap
meneruskan kegiatannya.

Supir kantor kami mendatangani mereka, minta dibuatkan kopi. Dijawab, ya ...
tapi mereka tetap meneruskan kegiatannya. (*Sempat lo tapikia dek ambo, jan
- jan, awak masuak katampek cindaku, atau urang haluih lainyo, ha ha)*

Sekian menit menunggu tetap tidak ada reaksi.

Dengan gaya jagoan (*he he, ambo berani, sebab kaduo kawan ambo tu
perawakannyo badagok, dan barambuik "cepak*") ambo datangi mereka nan sadang
main tu.

Ambo katokan: "Oi, kalau kalian ndak baniak manggaleh, tutuik lapau ko. Atau
paralu den suruah urang manutuik rumah makan ko ndak ..."

Mereka takajuik, dan salah surang langsuang berekasi "Maaf, Pak ...." Dan
inyo langsuang bajalan ka dapua mambuek kopi, diantakan ka meja kami,
ditambah dengan 3 pisang goreng yand sudah dingin

Kawan ambo babisiak ka ambo, "hebat lu ..."

Tapi apo iyo ambo hebat, bisa mambuek mereka memperbaiki service mereka?

Ha ha. Waktu lah salasai minum, ambo maimbau "Alah, Da, bara sadonyo?"

Tidak seorangpun yang menengok, apalagi datang. Tapi ada jawaban: "*Mowaleh
ibu*, latakkan so di meja tu ..."
(catatan: dari kato *Mowaleh ibu yang artinya 15 ribu, *ambo bisa mangiro2,
dari daerah ma urang tu di Sumbar)

Nah, dari kota yang sama, Kendari, ambo bisa dapek 2 macam servis yang luar
biasa ekstrimnya - Taxi dan RMP

Riri
Bekasi, L 46

_________________

Da Sawir,
Dek banyak makan bantai (dagiang) ko awak ndak? Darah
paneh. Ambo agak heran juo di Kendari kapatang. Di
situ bandaranya ketek, baru lo lai. Kapatabang ka situ
indak sarami ka BIM. Tapi sopir taksi jo tukang ojek
di sinan sopan amek. Ndak ado maegang2 doh. Kok
batanyo inyo, indak kecek awak, nyo pai lai. Kendari
ko kota baru. Alun ado lai hotel pakai kolam renang di
situ. Sahari pentan ambo mancari hotel nan pakai kolam
renang, indak sobok. Tapi taksinyo pakai argo
jauah-dakek. Bukak pintu 4500 piah. Indak paralu
disapo dulu doh baru argo iduik.

Salam,
Suryadi