ADINEGOROOleh : K. Suheimi

Waktu kecil saya senang membaca,.Dalam buku banyak terbaca pengarangnya
Adinegoro. Buku-buku Balaipuistakapun sering terbaca Adinegoro.
Saya buka Atlas peta Bumi  disana juga tertera  Adinegoro. Saya kagumi
Adinegoro, saya senangi tulisannya, dan setiap ada namanya saya hormati.
Kemarin waktu pergi ke Sulit Air  baru saya tahu bahwa Adinegoro itu urang
sumandonya  Sulit Air. Artinya dia kawin dengan orang Sulit air namanya Alidar.
Baru saya tahu bahwa Adinegoro itu adik sebapak Moh Yamin, sama-sama orang
Talawi. Dia bernama Adinegoro adalah nama samaran, kerna di zaman itu untuk
sekolah tak boleh orang sembarangan. Untuk menulispun orang dulu memakai nama
samaran. Maka dipakailah nama Adinegoro untuk masuk sekolah dan untuk mengarang.
Beliau pernah pernah memperdalam pengetahuan mengenai jurnalistik, geografi,
kartografi, dan geopolitik di Jerman dan Belanda

Nama aslinya sebenarnya bukan Adinegoro, melainkan Djamaluddin gelar Datuk
Madjo Sutan. Ia adalah adik sastrawan Muhammad Yamin. Mereka saudara satu
bapak, tetapi lain ibu. Ayah Adinegoro bernama Usman gelar Baginda Chatib dan
ibunya bernama Sadarijah, sedangkan nama ibu Muhammad Yamin adalah Rohimah

Kenapa orang Talawi  seperti Muh Yamin sering ke Sulit Air?  Mendapat ilham di
sulit Air dengan Gunung Merah Putih  dan Adinegoro dapat istri Alidar di Sulit
Air.

Ketika saya ke Sulit Air  saya lihat orang disini banyak yang cantik , ramah
serta baik hati. Ini tergambar pada sosok ibuk Yul, istrinya pak Rainal. “Sudah
tuapun masih secantik ini, apalagi mudanya” kata Jepe mengomentari sewaktu kami
di jamu di rumah Pak Rainal.

Tapi, kata Pak Rainal.  Di Suli Air ini ada Titi bagonjong sebagai jembatan
Jodoh. Sebuah jembatan yang di tata beratap seperti atap Rumah adapt Minang.
Disebut Titi atau titian  yang menjembatani  kampung itu.  Di sebut juga
sebagai jembatan jodoh.

Setiap orang yang akan kawin berdiri di jalan bagian atas jembatan sambil
menatap ke jembatan jodoh.  Biasanya  mamak membawa kemanakannya ke jembatan
ini, menunggu orang-orang selesai shalat berjemaah. Orang yang pulang shalat
itu boleh dilihat dan di perhatikan. Dan kalau cocok nanti di pinang dan di
jadikan istri.
Jadi tanpa perlu bersakitan hati tanpa perlu tersinggung dan bersinggungan.
Cukup dari tatapan mata. Bukankah ada pameo. “Dari mana datangnya lintah, dari
sawah turun kekali. Dari mana datangnya cinta, dari mata jatuh ke hati”

Agaknya Adinegoro.  Syahril sabirin yang dirut Bank Indonesia, mungkin terpaut
hatinya setelah menyaksikan buah hatinya lewat jembatan jodoh.

Mungkin orang-orang yang banyak sukses di Sulit air ini karena di payungi dan
sering melewati Titi bagonjong jembatan jodoh
Lahirlah orang-orang besar di bawah naungan Titi bagonjong, tercatatlah
nama-nama besar seperti

1 Muslim Mara pengusaha
2 Happy Bone  anggota DPR
3 Saiful Dt Rajo Mangkuto pengusaha
4 Kamardi Arif Dirut BRI
5 Prof Jurnalis Uddin Rektor Yarsi dan pengusaha Rumah Sakit
6 Yendra Fahmi  pengusaha
7 Rozali Usman  pengusaha
8 Syahruddin Ismael  pengusaha
9 Bujang sati Pengusaha
10 Rosma Rais Pengusaha
11 Zainal Abidin Ahmad Wk Ketua DPR
12 Buya Salim Amani   Ulama
13 Dt Maharajo Sati  Ahli hokum dan tokoh pers
14 Upik Tuti Sundari Pengusaha perbukuan
15 Mr Djamin Gubenur Jawa Barat
16 Nasrul Dt Potong kayo   pengacara
17 Prof Misbach jalins
18 Rais Tamin Pengusaha
19 JAMALUDDIN Tamban  pengusaha
20 Rainal Rais  Ketua  SAS

Saya ingat 20 nama sebagai kenangan kami dibawa ke rumah adapt, rumah gadang 20
Ruang.
Kalau di Minang kabau terkenal rumah Gadang 9 ruang salajang kudo balari maka
di Sulit Air   Rumah adapt 20 ruang.  Besar dan panjang sepanjang jalan.

Untuk itu ingin saya petikkan sebuah Firman Suci Nya dalam Al qur'an

Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga
'Imran melebihi segala umat (di masa mereka masing-masing), (QS. 3:33)
(sebagai) satu keturunan yang sebagiannya (keturunan) dari yang lain. Dan Allah
Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS. 3:34)

Pekan Baru  30 Maret 2009

      Menambah banyak teman sangatlah mudah dan cepat. Undang teman dari
Hotmail, Gmail ke Yahoo! Messenger sekarang!
http://id.messenger.yahoo.com/invite/