Pak Erwin yth.
Terima kasih atas informasi yang diberikan. Kalau boleh saya coba menanggapi
satu demi satu sbb.

1. Pemancing diskusi mengutip disertasi Iskandar Kemal, tentang situasi
pemerintahan nagari pada tahun 1964 yang menyatakan bahwa :

1) Pengaruh partai politik sangat nyata dalam kehidupan Nagari, ninik mamak
kurang dihargai selain pada saat kemenakan membutuhkan izin kawin dan pada saat
izin pagang gadai. Banyak kamanakan tidak mematuhi lagi undang-undang adat.

2) Ada gerakan dari golongan adat berdasarkan geneologis untuk kembali
memperkuat peran adat dan merebut dominasi. Untuk itu diperlukan mengadakan
kursus adat, membangun balai-balai adat, memperjuangkan hukum adat dalam sistem
nasional dan sebagainya.
DEP:
Proses transformasi masyarakat memang terkait dengan perubahan politik,
ekonomi, dan sosial yang berlangsung pada suatu masa. Saya kurang tahu kondisi
tahun 1964, namun untuk era 1970-an s/d sekarang saya ada memperhatikan sedikit
banyak. Ada tulisan Sarlito WS yang masih saya ingat yaitu tentang 'motif
sebagian masyarakat' untuk mencapai "posisi elite dalam struktur
kemasyarakatan", dilakukan dengan berbagai cara.

Selama dan pasca PRRI banyak orang Minang yang merantau ke luar daerah, untuk
memperbaiki nasib, menuntut ilmu pengetahuan, dlsb. Hasilnya, saya
memperhatikan untuk daerah saya saja pada era 1970-an s/d 1980-an, para
perantau telah mendapatkan penghargaan yang tinggi (elit) di dalam masyarakat;
sebagian hasil perantauan diletakkan untuk membangun masjid, surau,
bangunan-bangunan umum, rumah, dll. Pernah Sulit Air mendapat julukan "negeri
wesel" pada tahun 1970an, dengan total uang yang dikirimkan mencapai 2M
perbulannya. Bagi yang sarjana juga mendapat penghargaan yang tinggi, khususnya
di bidang ilmu agama. Begitu juga yang di kemiliteran.

Sebenarnya pergeseran "posisi elit" ini mulai terjadi pada tahun 1990an,
setelah banyak rangkayo dan sarjana yang menjadi penghulu adat. Apalagi KAN
pada tahun 1989 melangsungkan Musyawarah Pemangku Adat I, untuk sama berniat
mambangkik batang tarandam. Sehingga mulai terjadi perebutan jabatan ini, walau
tidak saparuik, namun terkadang dipinjamkan; termasuk dipaksakan atau
diada-adakan. Terus berlangsung hingga saat ini.

Terkadang setelah gelar diperoleh kemudian negeri ditinggalkan, atau yang
diurus hanya anak-kemenakan dekat yang tinggal di rantau saja. Kami mencatat
hanya 10an penghulu yang masih berdomisili di Sulit Air, sementara sekitar 70an
% lainnya berada di rantau. Bersyukur penghulu yang di rantau memiliki
organisasi sendiri pada masa itu, yang bertujuan membantu pengurus KAN yang
berada di kampung. Saat ini sejak 5 tahun terakhir pengurus KAN sudah bercampur
antara di kampung dan di rantau, dan alhamdulillah telah banyak kemajuan yang
signifikan.

Permasalahan perebutan dominasi, saya kurang tahu kondisi 1960an, namun untuk
kondisi sekarang adalah sudah "kehendak peraturan perundang-undangan", terutama
sejak era tahun 2000an (Otda). Jadi perjuangan sebelum itu sebenarnya hanya
memperkuat adat istiadat yang ada serta menunjang pemerintahan nagari. Saya
kira secara umum pada saat ini tidak ada ambisi politik dari penghulu-penghulu
adat untuk mencapai posisi elit tertentu dalam sirkumstansi pemerintahan di
manapun di Minangkabau; terkecuali oknum-oknum tertentu yang memanfaatkan
gelarnya untuk hal tersebut. Kita mendorong peran para pemangku adat ini agar
lebih signifikan dalam menjaga dan mengembangkan adat budayanya masing-masing
sesuai alur dan patut, sesuai dengan amanah yang diembannya.

Era 2000an, proses transformasi ini sudah bergeser pula. "Nilai penghargaan"
masyarakat sudah bergeser pula sesuai dengan kondisi politik. Selain posisi
rangkayo yang masih bertahan, bertambah pula dengan warga/anak negeri yang
berprestasi di lembaga politik, organisasi, dsb. Nilai jabatan penghulu sudah
mulai berkurang, sudah 1-2 tahun ini kami tidak menyelenggarakan batagak
penghulu.

Sementara demikian dulu.

Wassalam,
-datuk endang