Tks P'Saaf. InsyaAllah salam P'Saaf akan ambo sampaikan ka P'Gub Jatim.

Hampir pada setiap kegiatan kemasyarakatan Org Minang di Jatim (mungkin baitu
pulo di tampek lain) selalu ado spanduk yg berbunyi Dima Bumi Dipijak, Disitu
Langik Dijunjuang. Pado akhir th 2004 yg lalu, ketika pertama kalinya Gebu
Minang Jatim bisa menghadirkan dua Gub (Gub Jatim P'Imam Utomo dan Gub Sumbar
P'Zainal Bakar) dalam suatu acara di Pusat Kebudayaan Minang Jatim, secara
berulang2 dlm pidatonya P'Imam Utomo menyebut2 "Dima Bumi Dipijak Disitu Langik
Dijunjuang" sebagai falsafah merantau yg dimiliki org Minang yg perlu
dipelajari, dipahami, dan diamalkan oleh setiap komponen bangsa shg bisa
didapat kerukunan hidup berbangsa dan bernegara (kebetulan waktu itu sedang
panas2nya bentrok antar etnis di Kalimantan yg salah satunya etnis dari Jatim)
Beberapa waktu setelah acara tersebut saya berjumpa lagi dg P'Soekarwo yg waktu
itu masih menjabat Sekdaprop Jatim beliau menyampaikan adanya keinginan Pemprov
Jatim menjalin "Sister" Propinsi dg Sumbar. Konsep "Sister" Propinsi ini
akhirnya di godok oleh biro kerjasama daerah Pemprov Jatim. Dg Pemprov Sumbar
nya ambo hubungkan waktu itu dg P'Rusdi Lubis (Sekda Prov saat itu).
Sampai saat ini blm terealisasi masih tinggal di konsep.

Permasalahannya ketika saat ini saya diminta menyampaikan Apo Nan Sabana Arati,
Mukasuik, Makna, Prinsip, Nilai2 yg terkandung serta Strategi dan Tantangan dlm
Falsafah Dima Bumi Dipijak Disitu Langik Dijunjuang...ko...iyo tapacak paluah
awak dibuek no. Alun mangarati ambo lai utk hal itu P'Saaf, diambo samangaiak
se nan gadang, insyaAllah ka muko ambo pabanyak mempelajari ilimu2
Keminangkabau-an nan kito cintoi ko. Itulah makonyo ambo mamohon kapado
keluarga besar palanta ko barangkali dapek mambantu ambo.

Demikian P'Saaf
Wassalam
Ananda Firdaus HB