Catatan Awal Tahun Baru 2010

Jumpa Emak
By : Jepe

Awal Tahun Baru 2010 tepatnya tanggal 1 Januari, aku jumpa lagi sama emak ku
dirumah keluarga kami di air tawar barat.Ku tatap wajah emak dalam usia 75
tahun senyum, tawa dan canda emak tidak pernah berubah, tatapannya masih tajam
begitu juga pikirannya

Emak selalu membanggakan padaku giginya yang masih utuh bersih tersusun rapi
tanpa satupun yang copot, ini memang senjatanya buat "bernarsis" sama
adik-adiknya (etek saya) yang giginya sudah banyak yang copot tidak utuh lagi,
adik2nya itu selalu berkata jika ketemu Emak

"Ndee gigi Onga (panggilan sayang adiknya) ko masih rancak juo, laku dibali"

Diawal tahun ini yang saya bayangkan pada tanggal yang sama 45 tahun yang lalu
(1965) emak saya lagi hamil tua menunggu hari saat aku lahir untuk menghirup
pertama kali udara di dunia yang selama 9 bulan di dalam rahim ibu

Selama 9 bulan didalam rahim emak aku di kundang kesana kemari, emak bercerita
selama masa kehamilannya kami tinggal di Kampuang Jawa Dalam kota Padang,
sebelum aku lahir emak membawa aku didalam rahimnya naik turun bendi ke Simpang
Haru, emak jadi guru disalah satu sekolah PGA disana.

Setiap jumpa Emak selain canda, tawa dan joke2 lucu tentang cerita atau kurenah
orang minang saisuak di kampung dan juga karya-karya sastra penulis ranah
minang jaman Balai Pustaka, dia mencerikatan seperti novel yang berjudul "Salah
Asuhan" (aku lupa pengarangnya) lengkap dengan gaya bercerita dan bertutur yang
menarik dari emakku,

Dan juga tidak lupa segala Nasihatnya bertubi-tubi seperti mercon renteng yang
dibakar meledak tak ada hentinya emak mengeluarkan segudang nasihatnya baik
yang disampaiakn terang2an maupun dengan kata malereang khas ranah minang dan
kata2 "bayang kato sampai"

Ketika aku ceritakan pada Emak

"Ma aku tidak merokok lagi"

Awalnya Emak nggak perjaya, tapi istriku meyakinkan "Iya Ma, abang nggak
ngerokok lagi" dan emak perjaya sambil menatapku senyum dan penuh bahagia,
karena selama ini sejak aku remaja sampai sekarang tidak pernah bosan2nya dan
menjurus marah menasehatiku agar tidak merokok, faktanya dalam usia sekarang
setelah bekeluarga aku masih takut dan sembunyi2 merokok agar tidak ketahuan
emak, jika ketahuan merokok didepan emak, wahh aku akan dicerewetin dengan
segala macam nasehat dan akibat buruk dari merokok, kata-katanya yang paling
menyentuh bagi ku

"Hai anakku dulu ku rawat dan pelihara kamu mulai dari bayi dikasih susu,
makanan bergizi kalau sakit diobati tapi ananda racuni sendiri tubuh dengan
segala racun nikotin yang ananda hisap"

Emakku hanya berpesan "banyak makan buah dan sayur2an dan berolah raga"

Ya itu mungkin salah satu resolusiku di tahun 2010 lebih rakus lagi makan
buah2an dan sayur2an

Olah Raga ?..aha Aku memang pemalas Olah Raga secara rutin dalam bentuk
permainan seperti sepak bola, tenis, bulu tangkis atau apa saja, tapi yang
pasti setiap setiap aku kelapangan aku akan selalu mengambil cabang olah raga
tradisional seorang forester yaitu jalan keluar masuk hutan (tracking) sampai
keringat bercucuran atau memancing di sungai

Memancing ? Ahh emakku lansung "mencimeeh" itu bukan Olah Raga, itu hanya akan
membuat perutmu tambah gendut...(He he iya Mak)

Ngarai Sianok, 2 Januari 2010