Sanak Andiko,

Kalau analisa saya selintas: Minangkabau sekarang secara sosiologis tidak
kondusif bagi munculnya pemikir2 yang handal. Coba kita lihat dari mana datang
orang2 besar Minangkabau pada masa lampau? Kebanyakan dari latar belakang yang
mengambil jarak dengan DUNIA DAGANG dan DUNIA MILITER. Media2 di Minangkabau
pada tahun 1920-40-an memberi ruang yang besar bagi polemik pemikiran, hingga
soal jas dan dasi pun dipolemikkan. Media memberi ruang berhari2, bahkan
berminggu2, untuk berpolemik. Kini media2 lebih cenderung memuat iklan untuk
cari uang masuk. Dan tentu saja ucapan selamat atas dilantikkan pejabat
tertentu.
Sekarang kebanyakan orang Minangkabau yang ' besar' di rantau adalah para
bisnismen yang punya perusahaan di sana sini. Hakekatnya sungguh beda dengan
golongan yang pertama yg mengambil jarak dengan dunia dagang tadi.

Walau bagaimanapun, realitas mikro (Minangkabau) ini, dipengaruhi oleh realitas
makro (Indonesia). Coba kita lihat betapa permisifnya budaya kita sekarang:
mulai dari agama sampai kepada politik dijadikan konsumsi BUDAYA POPULER.

Tapi bisa saja pendapat saya ini salah.

Wassalam,
Suryadi