Semoga ide pak Zul tan berjaya.. Amin

.. Sekedar info..
1979 , Bima NTB
Saya membantu  didapur bergelimang asap di Rumah makan Padang di Bima
Nusatenggara barat. Sipemilik punya visi jauh kedepan ada saja urang awak yang
nyasar kemari pasti disuruhnya usaha dan dimodalinya manggaleh. Jualan
kacamata, Jualan Kaset, Jualan ikat pinggang , Jualan bubur kacang ijau
keliling dengan gerobak.
Saya dari pertama datang sudah declare dulu sama beliau, saya mau cari kerja
kemari saya tidak bisa jualan. Biarlah saya membantu bantu saja didapur sambil
sibuk memasukan lamaran kian kamari.
Tapi apalacur,  satu persatu para kawan pedagang ini berulah, akhirnya saya
jadi care taker  mengatasi ulah para kawan kawan ini.  Objective saya asal
barang habis tidak rugi parah..

Ketika si bos rumah makan masih bersemangat membeli oplet baru dengan trayek
Bima – Raba.  Saya jadi care-taker pula ketika si knek urang awak berulah pula.

1983.
Kuala lumpur Malaysia
Saya bekerja di dapur pembuatan kue pau merangkap sebagai kordinator.  Berawal
dari satu becak dengan kerja jungkir balik dengan hitungan kacang sampai ke
angka tiga belas becak.  Semakin banyak jumlah becak dan karyawan semakin
pusing kepala mengurusi tingkah polah para pareman nan manggaleh ko. Mulai dari
pengelapan jumlah kue,  icak icak sakik , adolo nan sibuk memasang nomor. Ada
pula yang pulang tak membawa uang karena habis dibuatnya minum.  Dan berkali
kali pula saya jadi care-taker menggantikan kawan panggaleh karena berbagai
macam alasan mereka tak bisa jualan.

Masih jelas dalam ingatan saya. Sore itu kawan panggaleh pulang dengan berkata”
Zul, tempat saya manggaleh ada yang jualan”. Karena badan letih dari pagi sibuk
membuat kue dan mengurus serta menghitung barang dagangan sebelum para pasukan
becak berangkat.  Saya dengan kesal dan hati yang panas harus malakak urang
dan selesai sudah hitungan jumlah becak …

Apa yang saya pelajari adalah . 1, 2 3 4 5  kemudian bisa 100 atau bisa 0

 Zulkarnain Kahar