Aku sampainya dirumah tepat saat itu istriku sedang digendong menuju mobil
kakak yang diparkir didepan rumah kami. Istriku dengan wajah yang pucat
lalngsung memanggilku. Aku bergegas menghampirinya.
“Tadi aku sedang masak, tiba-tiba darah keluar begitu saja. Aku takut.., bayi
kita…”, kata-katanya tersendat diantara isak tangisnya.
“Tenang. Sayang…”
“Bang, bayi kita…”, kata istriku diantara isak nya
“Bayi kita akan baik-baik saja..”. Aku berusaha meyakinkan diriku sendiri.
Didepan istriku yang cemas dan pucat, aku harus bisa tenang. Darah masih
mengalir membasahi kain panjangnya. Warnanya merah segar. Aku semakin cemas
tapi tidak bisa berbuat apa-apa.
Sesampai dirumah sakit, dokter langsung memeriksa istriku. Mereka memasang
infuse dilengannya dan melakukan donor darah. Dokter menanyakan, apakah istriku
pernah mengalami perdarahan sebelumnya. Istriku menjawab dengan gugup, setelah
sebelumnya menatapku takut-takut.
“Pernah dok, waktu kehamilan saya masih 30 minggu, saya mengalami perdarahan
jumlahnya sedikit. Saya memeriksakannya kebidan. Dan menurut bidan saya harus
membawa kerumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut, saya melakukannya. Waktu
itu setelah di USG, saya sudah tahu kalau saya menderita plasenta previa.
Mengingat usia kandungan saya yang belum mencapai 37 minggu, dokter menyarankan
agar saya berhati-hati, lebih banyak istirahat, dan mengkonsumsi obat-obatan”.
Berbagai perasaan campur aduk dalam hatiku. Kenapa istriku tidak
memberitahukannya.
“Maaf, Bang.., aku tak ingin membuatmu khawatir. Abang telah bekerja begitu
keras demi aku dan bayi kita”, air matanya mengalir semakin deras.
“jangan penah lagi tidak memberitahu hal sepenting itu kepadaku. Aku suamimu,
segalanya harus kita bagi bersama. Kau tidak boleh menyimpan masalah itu
sendiri’, aku menghapus airmatanya.
Dokter menanyakan beberapa hal lagi, apakah istriku merasa sakit, istriku
kembali menggeleng. Mereka lalu melakukan pemeriksaan USG dan menarik
kesimpulan bahwa istriku menderita plasenta previa totalis. Dimana plasenta
istriku tumbuh ditempat yang salah.
)

Dapatkan nama yang Anda sukai!
Sekarang Anda dapat memiliki email di @ymail.com dan @rocketmail.com.