From: Dr.Saafroedin BAHAR <saaf10...@yahoo.com>
Subject: Re: Bls: [...@ntau-net] Tuanku ---->APAKAH GELAR KHUSUS THARIKAT DAN
 HANYA DI PARIAMAN ?
To: rantaunet@googlegroups.com
Date: Saturday, January 16, 2010, 1:16 PM

Benar Iffah. 'Gelar' saya -- bersama beberapa orang tua lain seperti Prof Dr
Taufik Abdullah, Dr Taufiq Ismail -- adalah 'Tuanku Pujangga Diraja'. Gelar itu
adalah gelar kehormatan kerabat Pagaruyung, bisa diberikan kepada yang
beliau-beliau anggap perlu.Pengaruhnya ? Ya saya senang saja, bak kata pepatah
' rajo indak buliah manulak sambah', apalagi saya kan sudah ada gelar sako
'Sutan Madjolelo' dari suku Tanjung di Kampung Dalam, Pariaman. [Selain gelar
akademik 'doktor'. 'Brigjen' bukan gelar, tapi pangkat dalam struktur hirarki
militer.] Btw, apakah titel 'haji' itu suatu gelar, ataukah sekedar 'ijazah'
sudah pernah ke Tanah Suci ? Jarang sekali saya pakai.

Wassalam,
Saafroedin Bahar(Laki-laki,
 masuk 73 th, Jakarta)