Da Zulkarinain,
Ini nasib kita. Ini nasib diasporic people. Dan saya jadi ingat sebaris sajak
Toto Sudarto Bachtiar: "KAMU SUDAH SAMPAI PADA BATAS TEPI DIMANA KAMU TAK
AKAN BENAR-BENAR BISA KEMBALI LAGI". Saya tak yakin bahwa ketika Da Zul kembali
ke Maninjau sana nanti, Da Zul juga akan merasa tenang tentram di kampung.
Jangankan Da Zul yang sudah keliling dunia, seorang perantau Minang di Jakarta
saja, yang masih dalam lingkup Indonesia, tetap rindu kembali ke kampungnya.
Tapi begitu dia sampai di kampung, ia merasa ada "sekerup" waktu, ide, dan
budaya, yang tidak lagi terasa sesuai dengan dirinya. Saya kira tak banyak
perantau Minang, walau yg kaya sekalipun, yang mau menetap di kampung di usia
pensiun atau usia tuanya, walaupun dana memungkinkan untuk itu. Tanyalah,
misalnya, Pak Saafroedin Bahar, atau perantau senior kita lainnya yang ada di
lapau ini. Saya kira ini sebuah fenomena budaya yg dalam maknanya, dan khas
Minangkabau juga. Mungkin Pak Mochtar Naim,
 yang telah menulis disertasi: "Merantau: Minangkabau Voluntary Migration"
(NUS, 1973), dapat menjelaskannya. Setelah beberapa waktu di kampung, seorang
perantau biasanya resah lagi, dan ingin lagi balik ke rantau. Tapi siapa tahu
Da Zul termasuk pengecualian.
Maaf, mungkin pendapat saya ini subjektif. Tapi sanak di lapau coba saja inok
manuangkan.

Wassalam,
Suryadi