Ass WrWB, Iyo ambo satuju warga Chino hebat , karajo kareh dan hemat ,
carito awak ko indak ado kaitannya jo etnis, itu racist indakl buliah dek
agamo awak, mrk juga machluk Allah. Tp nan ambo pertanyokan tabiat
(behaviour), character , atau nan sejenis nya nan ka lamak dek inyo
sen,.sehinggo awak jadi tersudutkan,dirugikan dll.Carito nyo:
1. Wakatu SMA awak urus SIM, BPKB< dan sejenisnya, awak ala badiri diluar
kantor samsat Polri,
 dan ramai dgn yg lain, ee tahu2 ado incek gapuak masuak kantor Samsat itu
dan membawa bbrp urusan BPKB dan surat2 lainya, dan keliahatnya cepat saja
dan awak masih manunggu babaris manunggu giliran.
Nan mempunyai lotere, bandar buntut dan judi sejenis nya kan berasal dr mrk.
2.Mrk itu +/_ 5 pct warga Indonesia, tp 25 besar perusahaan yg terkaya
termasuk mrk yg punya,.. ambo asumsi krn kerja keras dan but..ado juo ambo
asumsi krn unetichal spt. gampang dapat credit, dan
BLBI kmd menanam modal di Singapore , ingat Eddy Tamsil sdh credit besar yg
hengkang ke LN, Siapa Robert Witular, Liem Sui Long kedekatannya dgn TNI,
bgmn dgn Tommy Winata bl bla..Ingat kasus Artya, markus nya konglomerat yg
menetap di Singapore sekarang krn tersangkut BLBI.
3.Wkatu mhs ado nan namonyo Permias (Persatuan Mhs Indonesia America), waktu
rapek2 itu mereka selalu di undang, dan jarang bahkan tidak pernah datang
sekalipun,.ada satu dua graduate student nan datang. Undergraduate cuek sen.

4.Saya tinggal di komplek perumahan mhs, diseberang jalan komplx  juga ada
oerumahan.Pada musim salju saya bersihkan
tempat parkir didepan rumah saya, ee  tahu2 sewaktu saya keluar, tempat
parkir saya sdh didiisi nya, bayangkan Mr.China itu tinggal di seberang
jalan . apt.saya. Enak saja dia tempati krn di depan rumah dia masih
beronggok salju.
5. Saya juga kenal dgn sesorang Mr.China mainland, pernah meminjam kan buka
dan bekerja sama bikin soal dgn saya.
Kesimpulan saya sementara, mereka itu punya character " utk keuntungan mrk
saja" tp ada tengang rasa dgn orang lain, dan ada kecendrungan bermain
kurang "fair and unethical". Apakah bisa kita men judge
"mereka tidak mencintai Indonesia sbg negara nya , hanya sebagai negara utk
di kuras,,kalau sdh buuuuuuanyak akan gue tanam di singapore, emangnya lu yg
cari duit" buset lu ," Antalah sanak.
Baling2 diatas bukit kata pepatah kita, mana angin kencang dia bergoyang
mengarah kesana, "kata orang2 Tua, zaman Belanda dulu dia pro Belanda, walau
ada satu2 yg pro pribumi, .
Saya merenung, yg salah kan juga penjabat, karyawan bank dan harimau kita
juga, knp mau di kasih haDIAh dan di berikan imbalan fasilitas. Ya memang
kedua2 nya salah, nah disinilah saya cenderung berpikir
yg salah besar salahnya itu adalah yg berniat, berusaha memberikan hadiah
kepada penjabat, harimau,
dan yg menerima tak kuat imannya..yg terima saja  krn sdh terayu.

Utk masa depan yg perlu kita amati adalah kita sdh Free traDE aGREEMENT DGN
cHINA,..barang2 illegal sdh ketangkap di Medan waktu imlek, dan bgmn dgn
kasus melamin? Uncle Google akan hengkang dari China....Bersorak lah anggota
DPR spy FTA ini di undur., atau pura2 bersorak.
Dan mari kita tuinggu  membanjirnya barang3 Cihina ke Indo dan "selamat
cincau dan hampau".

Wass. Muzirman Tanjung.