From: Dewi Mutiara <iara_a2...@yahoo.com>
Date: Thu, 4 Mar 2010 01:28:14
To: <rantaunet@googlegroups.com>
Subject: RE: [...@ntau-net] Mamak dulu mamak sekarang

Rina yang manis,
Mamak  buat Uni , dizaman sekarang ini yang uni tau ,yang diajarkan orang tua
uni , karena dari kecil kita sudah dirantau ,adalah bagaimana kita dalam
bertindak dalam keluarga besar adanya saling bicara dalam memutuskan sesuatu
yang berhubungan dengan prilaku dalam keluarga besar, misalnya, masalah warisan
atau ada perkawinan dikeluarga pihak ibu, hal ini pasti dibicarakan ibu Uni ke
Mamaknya , walaupun sudah ada pembicaraan antara ibu dan ayah, tetap ibu  UNI
TIDAK PERNAH MELANGKAHI MAMAKNYA , mereka tetap mendengarkan  pesan2 atau
petunjuk yang diberikan mamak tadi dan yang pergi melamar pertama kali pergi
adalah mamak2 Uni. Tetap kita diajarkan menghargai saudara ibu atau ayah.Hal
inipun Uni beritahukan ke anak2 Uni ,walaupun mereka belum faham tetap diberi
tahu, dalam hal kecil saja misalnya mereka mau ujian atau piknik keluar kota ,
maka Uni akan katakan telefon  Om dan tante kamu , minta doa restu.
Silaturrahim inilah yang kita tanamkan bahwa
 mereka tidak hanya punya mama papa.Mungkin Uni kurang pandai menerangkan
masalah mamak disini ,hanya Uni ingin katakan menghargai  keluarga itu
datangnya dari kita orang tua mengajarkan kepada anak2  dan tetap memberitau
akan kebaikkan2 mereka.
Wassalam
Dewi Mutiara.