From: "sjamsir_sjarif" <hamboc...@yahoo.com>
Date: Fri, 05 Mar 2010 02:27:43
To: <rantaunet@googlegroups.com>
Subject: Re: [...@ntau-net] PRRI

Angku Abraham Ilyas, Tahun ko paralu dipareso baliak untuak dipeloki.
Takana di ambo tahau 1960.
Salam,
--MakNgah

"Republik Persatuan Indonesia (RPI) di Bonjol 8 Februari 1958"  [????]

--- In rantau...@yahoogroups.com, Abraham Ilyas <abrahamil...@...>
wrote:

> *Banyak sekali pendukung Ahmad Husen ya pak.
> Setelah menyerah .. bagaimana dengan nasib beliau pak ???
> Bgm pulan nasib gubernur Sumbar waktu itu ???*
>
> Rangkayo Hanifah Daman yth.
>
> Kato *menyerah* manuruik ambo paralu dikoreksi.
> Pertempuran tahun 1958 - 1961 yang terjadi Sumatera dan Sulawesi
adalah
> Perang saudara antara Pemerintah Revolusioner RI dengan Pemerintah
Republik
> [...]
kepala
> pemerintahnya/PM kabinet ialah Ir. Juanda.
>
> Saat PRRI diproklamasikan, mereka masih mengakui Ir. Soekarno selaku
> presiden berdasarkan konstitusi (PRRI tidak mengangkat kepala negara
yang
> baru/pengganti presiden Soekarno.)
>
> Namun dua tahun perang berlangsung, tidak ada tanda tanda kemenangan
secara
> militer di pihak PRRI sehingga para pemimpin sipil mengambil
kebijaksanaan
> tersendiri dengan membentuk negara Republik Persatuan Indonesia (RPI)
di
> Bonjol 8 Februari 1958 dengan presidennya (merangkap PM) Mr.
Sjafruddin
> Prawiranegara.
> Terjadi perpecahan antara sipil/politik dengan militer dalam tubuh
PRRI.

> Bukti perjuangan ini didukung oleh rakyat, selama berlangsung perang
saudara
> ini, tidak satupun pemimpin PRRI yang berhasil ditangkap oleh APRI.
>
> A. Husein pernah berkata: "*Kalau perjuangan ini akan membuat rakyat
> teraniaya maka tangkaplah saya dan serahkan kepada tentara Soekarno,
tapi
> kalau perjuangan ini rakyat semua yang menghendaki maka saya siap
menanggung
> resikonya".*
>
> Oleh karena tentara Pusat tak berhasil menangkap seorangpun pemimpin
PRRI
> maka KSAP AH. Nasution tg. 3 Maret 1961 mengeluarkan seruan agar
kepada
> semua "*pemberontak*" di Sumatera dan Sulawesi untuk "*kembali
kepangkuan
> Ibu Pertiwi*".
>
> Setelah merundingkannya dengan para pembantunya (dari pihak militer)
maka A.
> Husein  kembali kepangkuan ibu pertiwi.
> Tidak ada isilah kalah dan menang."*Kita menganggap persoalan PRRI
adalah
> suatu kejadiaan yang tidak ada kalah dan menangnya, tetapi dengan
kesadaran
> dan keyakinan kita bersama sama kembali membangun negara Republik
Indonesia.