Ibu Hanifah yang budiman.

Masalah pertentangan antara sesama warga suatu suku banga,
terjadi di mana-mana.
Letkol Untung orang Jawa.
Korban G30S pada tanggal 1 Oktober 1965,
 6 orang Jawa, 1 orang Batak dan 2 orang Sulut.

Pertentangan terjadi karena adanya perbedaan pandangan,
tanpa melihat suku  bangsanya.

Tiap orang punya persepsi yang berbeda terhadap masa lalu.
Tergantung dari apa yang dibacanya dan apa yang dialaminya.

Predikat yang lazim digunakan terhadap konflik bersenjata
di antara sesama anak bangsa adalah "peristiwa".
Ada peristiwa yang dihadapi dengan GOM (Gerakan Operasi Militer)
ada yang tanpa GOM.
Yang mendapat predikat khusus dan dibuat filmnya
adalah "Pengkhianatan G30S/PKI".

Konflik horisontal yang terjadi di Poso dan Ambon,
diatasi dengan operasi kepolisian yang di back-up satuan militer.
Dewasa ini juga sedang dilakukan operasi kepolisian di NAD,
di mana telah ada 3 anggota Polri yang tewas.

Peristiwa Cikini, Maukar dan Idhul Adha dihadapi tanpa
melalui GOM.

Peristiwa PRRI/Permesta diselesaikan melalui GOM yang ke ....
(saya lupa).
GOM I terhadap peristiwa PKI/Madiun, GOM II terhadap DI/TII
dan seterusnya.

Terhadap peristiwa PRRI/Permesta persepsi kita juga
dapat terbentuk dengan mencari  jawaban terhadap
 pertanyaan-pertanyaan:

1. Tujuan PRRI itu apa?
    Mensejahterahkan rakyat Sumatera Tengah,
    atau seluruh rakyat Indonesia?

2. Kalau untuk mensejahterakan rakyat SumTeng
    melalui otonomi daerah, mengapa dibentuk PRRI
   yang merupakan "tandingan " terhadap Pemerintah Pusat?

   Pertanyaan ini merupakan PR bagi para ahli hukum Tata Negara.
   Prof Djokosoetono menyebutnya PRRI adalah "putsch".
   Saya sendiri tidak tahu apa yang dimaksud bapak Djokosoetono.
   Pada waktu itu, saya masih berstatus mhsw PTIK,
   di mana bapak Djokosoetono salah satu Guru Besarnya.

3. Atas usaha siapa dan untuk apa
   a.  ada dropping senjata di Pekanbaru?
    b. Tentara di Sum Teng memiliki persenjataan
        yang lebih modern dari pada APRI?

    Apakah senjata-senjata itu sekedar untuk pawai,
    dalam rangka merayakan otonomi daerah?

4. Apakah RPI merupakan kelanjutan dari PRRI,
   atau sesuatu yang berbeda?
   Mengapa timbul RPI?

Jawaban-jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan itulah
yang menimbulkan polemik.
Tapi polemik-polemik itu untuk apa?

Namun demikian  ada moment-moment yang merupakan tonggak sejarah:

1. Ada proklamasi berdirinya PRRI.
2. Ada GOM dari "pusek"
3. Ada perlawanan.
4.Ada moment kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi.

Polemik timbul mengenai aktivitas di antara
moment-moment tersebut.

Wassalam, Jacky Mardono (76+)