Jangan sedih Ren, semua sudah ada yang ngatur. memang Kalimantan itu aman
terhadap gempa, tapi mereka terancam banjir besar karena pembalakan dan
konversi hutan besar-besaran. Karena bumi Kalimantan secara tektonik sudah
sangat tua dan hampir nggak ada pembentukan humus baru disana kecuali dari
hutan, maka sebenarnya Kalimantan itu akan terancam kering kerontang dan
menjadi gurun pasir jika salah urus hutannya.

Secara umum Indonesia memiliki kerentanan alamiah dengan jenis
bermacam-macam, jadi tinggal kita bagaimana mengelola alam yang demikian,
maukah kita memulai hidup ramah lingkungan dan alam dari sekarang ?, itu
salah satu kunci Indonesia selamat, mulai dari diri sendiri, minimal
mengurangi semangat konsumtif.

Salam

andiko