Phi,

Mungkin ada baiknya MPKAS berkomunikasi dengan Ditjen Perkeretaapian (secara
resmi) untuk minta penjelasan bagaimana arah kebijakan pengembangan
perkeretaapian di Sumatera Barat.

Selama ini kita (di Palanta dan MPKAS) kan berbicara tentang pengembangan
perkeretaapian Sumatera Barat, tentang Pariwisata, (Lembah Anai, Payakumbuah
dll) tetapi kalau yang saya baca2 di media, dari Ditjen Perkeretaapian dan
PT KAI konsentrasinya ke kereta jarak dekat, seperti Padang - Pariaman, dan
bahkan Padang  - Bandara.

Railbus, seperti pernah ambo tulis di palanta ko setahun yang lalu (
http://www.mail-archive.com/rantaunet@googlegroups.com/msg29541.html )
adalah "light train". Tidak mungkin disuruh mendaki Singgalang Kariang.
Sebagai perbandingan, railbus yang sudah beroperasi itu ada untuk Palembang
- Inderalaya, yang elevasinya cuma 2m, Jangan dibandingkan dengan Lembah
Anai, apalagi Kotobaru yang elevasinya tercuram di Indonesia. Sekarang yang
sedang dibuat untuk Solo-Wonogiri, jadi kalau nanti selesai, yang di Padang
ini yang ketiga, tentunya cuma - seperti yang dinyatakan Humas PT KAI
SUmbar, hanya untuk Pulau Aia - BIM (
http://www.antara-sumbar.com/id/index.php?sumbar=berita&d=2&id=78078 )

Di bawah, ambo copykan jawaban ambo ka da Nofrins waktu awak diskusi di FB
pertengahan bulan lalu:

KRDI diganti Railbus? Kok turun jauh banget ...

Railbus - sesuai namanya - kan untuk kerjaan yang ringan2, beda dengan
keluarga Mak Itam. Makanya Railbus yang sudah ada jalannya cuma Palembang -
Inderalaya. Dan yang sedang dibuat - katanya - untuk Solo - Wonogiri.

Railbus juga merupakan "barang baru" buat INKA. Jadi kenapa bukan KRDI saja
yang sudah teruji?

Membuatnya lama, 2 tahun (kalau KRD) hanya sekian bulan.

Kalau soal harga, waktu peresmian Railbus Palembang - Inderalaya kata Menhub
15 M, di berita lain, kata INKA 17 M. Yang jelas, harganya sekitar separo
dari KRDI.

Jadi rugi donk, kalau cuma dikasi separo dari janji sebelumnya, he he

Soal axle road, itu kan karena ditetapkan sekian, bukan karena kebutuhan.
Saya tidak tahu apakah Padang - Airport memang mau dibuat rendah begitu.
Tapi kalau jaringan yang sudah ada, kan bisa menahan kereta baro nan
panjangnya luar biasa ..., jadi harusnya tekanan gandar ga ngaruh ..

Riri
Bekasi, l, 47

Riri Chaidir
Bekasi, L, 47