Do'a yang ma’bul
Oleh K Suheimi

Saya terkesimamembaca mutiara hikmah yang berisi kata hikmah bermakna
Apalagi di zaman sekarang ini.

Ingin saya kirimkan mutiara hikmah ini pada pembaca setia

Suatu ketika dizaman pemerintahan seorang khalifah terjadilah masalah krisis
yang berkepanjangan dibidang ekonomi keadaan menjadi semakin gawat karena
diperparah oleh berbagai kondisi dimana tumbuhan tidak lagi tumbuh subur
sebagaimana mestinya dan hujan tidak tidak lagi turun selama berbulan. pada
saat itu pemerintah mencanangkan agar semua rakyat agar bersama-sama turun
kelapangan untuk melaksanakan shalat istisqah dan berdoa agar berdoa agar
Allah     menurunkan nikmat hujan kepada mereka namun hujan ternyata tidak
kunjung turun khalifah mengundang para ustad dan ulama, cendikiawan serta para
rokhid yang berpengaruh untuk saling bersama berdoa kepada Allah     tetapi
keadaan masih tidak berubah, khalifah tentu saja menjadi semakin khawatir
karena kemarau kian berkepanjangan, baginda berusaha mencari orang  yang
mustajab doanya untuk tampil kedepan menjadi iman dalam shalat meminta hujan
akhirnya pada saat itu tampillah seorang laki-laki
kelihatan sangat kurus dengan pakaian yang compang-camping dan rambut kusut
serta mata cacat, dia maju untuk menghadap khalifah dan berkata ia khalifah
saya datang  untuk menyambut seruan anda melihat kondisi fisik laki-laki itu
khalifah sangat tidak apakah kamu yakin sedangkan para ulama dan abid yang
terkenal saja tidak dima’bulkan oleh Allah     doanya sekarang kamu, tapi
dengan sabar laku-laki menjawab insayaAllah    , insayaAllah     yang khalifah
semoga saja doa saya dan do'a kita semua akan dikabulkan oleh Allah

Melihat keseriusan laki-laki itu akhirnya khalifah itu mengizinkan dan
memberikan laki-laki tersebut kesempatan menjadi imam, dengan begitu tenanm
khusuk dan jiwa yang sabar lak-laki tersebut terus memimpin shalat dan berdoa
kepada Allah     agar diturunkan nikmat hujan untuk kelangsung hidup mereka.
Melihat peristiwa dengan tidak diduga hujan pun turun dengan lebatnya, khalifah
segara bertanya wahai pemuda coba
kamu ceritakan kepada saya amalan apa yang kamu perbuat sehingga doa kamu
diperkenankan Allah    , pemuda menceritakan pernah semasa saya muda dulu ya
khalifah saya begitu asyik melihat wajah seorang gadis ayu saya terpesona
dengan kecantikan sehingga saya lalai untuk mematuhi peraturan Allah     saya
menyesal, saya menyesal atas kejadian itu atas kejahatan yang saya lakukan saya
merobek-robek muka saya hingga tanpa disadari biji mata saya keluar dari
rongga, karena itu mata itulah saya menjadi cacat, saya bertaubat kepada
Allah     bertaubat dari kejahatan itu dan terus mengabdikan kepada Allah    .
Khalifah akhirnya sadar atas kesalahannya untuk memandang remeh kepada pemuda
tersebut dan mengucapkan terima kasih dan terus melakukan sujud syukur kepada
Allah    .

Lalau saya teringat sms yg dikirim anak saya

Andai Al-quran bisa bicara,ia akan berkata :
"waktu kau masih anak2,kau bagai teman sejatiku,dgn wudhu kau sentuh aku,dlm
keadaan suci kau pegang aku,kau baca dgn lirih dan keras, skrg kau telah
dewasa, nampaknya kau sudah tdk berminat lagi padaku, apakah aku bacaan usang?
Yg tinggal sejarah? Skrg kau simpan aku dgn rapi,kau biarkan aku sendiri. Aku
menjadi kusam dlm lemari. Berlapis debu,dimakan kutu,ku mohon peganglah aku
lg,bacalah aku setiap hari, Karena aku akan jd penerang dlm KUBURMU,,,,,,!!!!

Pekanbaru 17 April 2010