Si Sopak, sibotak dan Sibuta
   Oleh K Suheimi

Pagi terbaca dlam serial mutiara hikmah, suatu ceritra yang mengandung hikmah
yang sangat bermakna
Ingin saya agar kisah ini juga di ketahui oleh kita semua
Selamat membaca

Pada suatu hari Allah    memerintahkan malaikat bertemu dengan 3 orang bani
islrail ketiga-tiganya cacat, seorang botak dan seorang lagi sopak dan terakhir
buta, malaikat yang menyamar sebagai manusia itu bertanya  kepada sisopak jika
Allah    memberikan karunia kepada mu seperti apa yang kamu mau sisopak
menjawab saya mau kulit saya sembuh seperti biasa dan diberikan kekayaan yang
berlimpah dengan takdir Allah    kulit pun kembali sembuh dan riski pun
berlimpah untuknya, kemudian malaikat bertanya kepada sibotak untuk persoalan
yang sama sibotak menjawab saya mau kepala saya ditumbuhi yang rambut yang
subur supaya kelihatan gagah dan diberikan harta yang banyak doanya pun
terkabul dan terakhir pertanyaan yang sama dilontarkan oleh malaikat kepada
sibuta, sibuta menjawab saya mau mata saya dikembalikan fungsinya seperti
semula dan diberikan harta yang banyak agar saya dapat berbuat baik dengan
takdir Allah    sibuta
bisa melihat kembali dan karuniakan kekayaan yang berlimpah, tapi selang
beberpa bulan Allah    kembali memerintah kepada malaikat untuk berjumpa dengan
ketiga orang cacat itu kali ini malaikat menyamar sebagai peminta sedekah
pertama dia berjumpa dengan orang yang dulunya sopak dan meminta sedikit uang
tetapi aneh sisopak justru tidak mengulurkan sedikit pun bantuan masalah
sebaliknya menghardik , dengan rendah hati malaikat berkata saya rasa saya
kenal anda sopak dan anda miskin Allah    telah menolang anda tetapi sisopak
tidak mengaku maka dengan kuasa Allah    sisopak yang sombong itu bertukar
kembali menjadi sopak yang dulu dan ia pun menjadi miskin kembali, kemudian
malaikat berjumpa dengan sibotak yang telah menjadi kaya dan berambut lebat,
apabila malaikat meminta bantuan, sibotak ternyata juga enggan membantu malahan
ia tidak mengaku bahwa dia dulu botak dan miskin oleh karena kesombongan dan
tidak sadar diri maka Allah
menjadikan kembali menjadi kepadanya botak dan jatuh miskin seperti seperti
semula, malaikat berjumpa dengan orang buta, orang cacat yang ketiga telah yang
diberikan penglihatan oleh Allah   , pada saat malaikat meminta bantuan sibuta
malahan keseluruhan hartanya dan berkata ini semua harta pemberian Allah   ,
ambillah semua manfaatkan untuk kebajikan, mata saya kembali berfungsi jauh
lebih berharga dari pada semua harta ini malaikat tidak mengambil pemberian itu
dia memberi tahu bahwa dia adalah malaikat yang datang  dulu dan kedatangannya
kali adalah untuk menguji siapa diantara mereka bertiga yang mau bersyukur,
sibuta yang bersyukur terus mendapatkan nikmat kekayaan yang berlimpah dan
penglihatan dari Allah    tetap terjaga sementara sibotak dan sisopak kita bisa
bayangkan apa yang kita terjadi pada mereka.

Untuk itu ingin saya petikkan sebuah Firman Sucinya dalam Al_Qur'an

Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh (ciptaan)-Nya dan Dia
menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit
sekali bersyukur.32;9

Pekanbaru 18 April 2010