Akhirnya kebersamaan kami untuk sebuah moment yang sangat dekat harus saya
akhiri. Antara tega dan tidak, saya harus mengambil keputusan, saya harus
melerai saat-saat yang sangat menentramkan untuk hatinya. Saya tau ini tidak
nyaman untuk kami, tapi saya harus melakukannya, karena saya sungguh dalam
keadaan lemah tak berdaya, saya “mabok” kepala saya sering pusing, dan nafsu
makan saya turun ketitik yang amat rendah.

Saya teringat saat menyadari keberadaanya Januari 2007 lalu. Saat itu anak
pertama saya (Khonsa’) kira-kira baru berusia 7 bulan. Saat Khonsa’ lahir,
saya telah berkomitmen memberinya ASI hingga 2 tahun walau saya memiliki
aktivitas publik yang boleh dibilang tidak sedikit. Tak ada sedikitpun
keraguan di hati saya untuk tetap menyusui sebelum saya penuhi haknya
menyusu hingga 2 tahun walau saat itu saya sedang mengandung anak kedua
(Naf’an)

Akhirnya ASI tandempun saya lakoni, tanpa problem, tanpa beban. Subhanallah
Allah yang Maha Pemurah, saat itu saya tidak mengalami kesulitan, tidak
mabok, nafsu makan tetap prima. Dengan calon bayi yang ada di rahim saya,
saya tetap menyusui Khonsa hingga tak terasa ia berusia 3 tahun 3
bulan. Sungguh
parents, tidak mudah menyusui tandem (tetap menyusui walau dalam keadaan
hamil). Banyak sekali protes dari sanak saudara dan teman. Katanya itu tidak
boleh, tidak baik Bisa merusak bayi yang ada dalam kandungan, bisa merusak
kakaknya. Ada juga pendapat yang seram, katanya ASI yang saya keluarkan
bukan lagi susu, tapi darah.  Anjing mengonggong kafilah tetap berlalu,
berbekal pengetahuan yang saya peroleh dan juga dukungan 1000% dari suami
serta mertua, saya tetap menyusui dalam keadaan hamil. Bahkan nonstop sejak
8 Mei 2006 hingga awal April 2010.

Alhamdulillah, apa yang dikhawatirkan sanak saudara dan teman-teman tidak
terbukti. Alhamdulillah Naf’an tumbuh sehat. Berat lahirnya 3200 gram,
panjang 50 cm. Walau tidak minum susu formula, susu pertumbuhan juga tidak
mengkonsumsi vitamin, berat Naf’an saat ini 12,5kg dalam usia 2,5 tahun.

Saat ini dia tampaknya sudah siap belajar membaca. Setiap kali kakaknya
membaca buku (alhamdullillah Khonsa bisa membaca usia 3 tahun 9 bulan) ia
juga mengambil buku dan membaca sesuka hatinya. Hanya saja saya belum siap
mengajarinya membaca menginggat kondisi saya yang saat ini belum fit (masih
mual dan sering pusing).

Ya, saya harus menyapihnya kini. Saya tak boleh menundanya lagi seperti dulu
waktu saya dinas ke Jakarta selama 10 hari. Waktu itu bulan Desember 2009.
Saat usianya sebenarnya sudah lebih 2 tahun. Tapi saya belum siap berpisah
dengannya. Walau saat itu ia sebenarnya sudah lupa dengan ASI saya, tapi
saya memberinya lagi (anaknya mau aja lagi, dah 10 hari tidak mimik, hari ke
11 mau lagi).

Tapi sekarang saya harus bisa. Saya harus menyapihnya tanpa menyakiti
hatinya, tanpa membohonginya, tanpa menodai jiwanya, tanpa penipuan, tanpa
kekerasan tanpa memberi yang pahit-pahit pada puting saya. Saya harus
menyapihnya dengan lembut, dengan cara yang sangat halus, dengan pengertian,
dengan kasih sayang.

Alhamdulillah saya berhasil, walau dia sedikit rewel tapi tidak parah. Saya
yakinkan dulu diri saya bahwa ini adalah saat yang tepat, ini adalah saat
yang terbaik untuk menyapihnya. Saya katakan pada Naf’an bahwa Bunda saat
ini sedang hamil. Saya katakan padanya kalau ia bakal punya adik. Saya
katakan padanya bahwa sekarang Adik (kami memanggilnya dengan sebutan
”Adik”) akan menjadi kakak. Sekarang Naf’an tidak Adik lagi. Sekarang Naf’an
sudah menjadi Uda. Dia tidak mau di panggil Uda. Kami sarankan dia dipanggil
Mas (suami saya dari Jawa), tapi dia juga tidak mau. Akhirnya dia sendiri
yang meminta di panggil Abang. Okelah kami semua setuju memanggilnya Abang
Naf’an.

Namun sebelum itu, tentu saya merencanakan semua perpisahan kami. Supaya
saya tidak melukai jiwanya, saya mulai mengurangi frekwensi menyusunya. Saya
sediakan stok cemilan, saya lihatkan gambar ibu yang sedang hamil dan bayi
mungil. Alhamdulillah saya bersyukur pada Allah dapat melewati hari-hari
yang sangat sulit bagi kami Ibu dan anak untuk berpisah. Terbayang mata kami
saling menatap. Kulit kami saling menyentuh, tanganya memeluk dan menyentuh
muka saya. Saya tau saat yang paling nyaman buat kami berdua adalah saat
menyusui itu.

Kini masa-masa indah itu berakhir untuk sebuah masa yang lebih indah lagi.
Sekarang makan Naf’an jauh lebih banyak, minum air putihnya juga jauh lebih
banyak. Jika malan hari terbangun, dia minta minum air putih. Badanyapun
jauh lebih berisi. Sekarang juga dia jauh lebih mandiri, dan semangat
bermain dan belajar membacanya juga jauh meningkat. Saya ikhlas melepas
semua ini untuk masa yang lebih indah lagi.....

Semoga kami mampu menghantarkan anak-anak ke depan pintu gerbang
kesuksesanya dunia dan akhirat......

Semoga bermanfaat........

Dr. Yesi Elsandra

Konselor Laktasi