Pak Muljadi

Saya sependapat, dari awalkan memang begitu pendapat saya, dalam waktu dekat
ini negara kita ini. Belum mampu saya pikir untuk KA cepat Hi tech seperti
Shinkasen dan TGV dengan sarana prasana/infrastrukturnya sangat mahal serta
harus di kendalikan dan dioperasionalkan oleh SDA yang handal dan mumpuni

Mungkin yang paling realistis adalah KA konvensional yang kita kenal selama ini
untuk Trans KA Sumatera, dengan dua rel dan gerbong yang ditarik olek lokomotif
Diesel, tapi tentunya loko dan gerbong yang modern bersih dan nyaman dengan
kecepatan mungkin dilintasan yang sepi di pedesaan bisa dipacu sekitar 120
Km/Jam, atau kecepatan rata2 secara keseluruhan mungkin sekitar 70 Km/Jam jika
didukung infrastruktur yang baik, aman dan dengan tingkat keselamatan yang
tinggi (ini perkiraan saya saja..masalah kecepatan)

Saya menonton bagaimana pembangunan kereta cepat seperti kapsul ini di
Discovery Channel di daratan China, memang luar biasa dari segi teknologi dan
biaya yang dibutuhkan dan betul2 segalanya serba terukur dan dimonitor setiap
perjalanannya sedetail mungkin

Sedangkan itu saja yang sudah diawasi dan dimnonitor dengan cermat oleh para
ahli di sebuah ruangan kontrol yang serba hi tech masih terjadi kecelakaan yang
hebat KA cepat ini kan Pak Mul di Jerman, saya lupa dimana tapi dalam tayangan
televisi di Discovery Channel itu dibahas dari A to Z tentang kecelakaan yang
hebat dari KA kapsul Jerman yang meluncur seperti rudal itu (patah pinggang
keluar rel dan melintang)

Itu saja pendapat saya Pak Mulk, semoga terealisasi moda transportasi KA Trans
Sumatera ini jangan terlalu muluk dulu, jika berbicara prioritas dengan uang
negara kita yang ketat dan terbatas, kereta cepat sebangsa Sinkasen bukanlah
priritas utama tapi bagaimana meningkat kesejateraan masyarakat banyak kita
disektor pertanian dan perikanan yang masih miskin

Wass-Jepe