Durian ucok
Oleh K Suheimi

"Semua durian yang kami santap malam ini, enak" si Ucokpun tersipu. "Semua
durian ini dari Sidi Kalang pak" kata ucok membanggakkan duriannya.
Rupanya bukan tembakau Sidi kalang saja yang terkenal "durian Sidi kalangpun
luar biasa cita rasanya. Mungkin komposisi tanah di Sidi kalang yang subur itu
membuahkan durian selezat ini.
"Kalau ada yang tak enak, jangan bayar, saya gratiskan" kata ucok.
Memang semua durian yang ditawarkan enak oii enak". Rasa boleh berbeda namun
semuanya enak.
Saya coba yang kecil, enak sekali, saya pindah pada yang besar, luar biasa
enaknya.

Pantas dari Hotel Garuda kamar 622 saya di telpon oleh rekan2 SpOG. "Ayo prof,
turun ikut bersama kami menikmati durian si Ucok".

Cukup jauh kami ke jalan iskandar muda. Ada deretan mobil yang parkir dan
tempat si ucok penuh, rebutan orang malam ini menikmati Durian.

Dan kalau kita mendapatkan durian yang hambar, langsung di buang ucok.

Ah medan diwaktu malam. Dari kamar saya layangkan pandangan, tampak menara air
di ujung jalan Sisingamangaraja tetap kokoh dan anggun dihiasi lampu2. Sebagai
pedoman oleh orang medan untuk penunjuk arah.

Setiap kali ke Medan menara air inilah yang jadi pedoman bila tersesat.
Sendawa saya malam ini berbau durian. Terima kasih ya Allah masih kau izinkan
hambaMu ini merasalan enaknya Durian Sidi kalang

Untuk itu ingin saya petikkan sebuah Firman Sucinya dalam Al_Qur'an

Apakah (orang-orang) yang memberi minuman orang-orang yang mengerjakan haji dan
mengurus Masjidilharam kamu samakan dengan orang-orang yang beriman kepada
Allah dan hari kemudian serta bejihad di jalan Allah? Mereka tidak sama di sisi
Allah; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada kaum yang zalim. 9;19.

Medan 26 Mai 2010