Assalamualaikum Wr.Wb yth Ibu2 dan Bapak2 diPalanta.

Menurut saya pribadi mau patrilineal, patriarchat , matrilineal, matriarhat,
western,jawanisme ataupun arabismus terserah suka2 yang bersangkutan saja.
Nama2 ini gunanya hanya pendataan saja bagi satu negra/instansi, supaya mudah
memperbedakan satu antara lainnya, contoh seandainya terjadi kriminal, ataupun
menghindari perkawinan insest yang tidak diingini, mudah menelusuri persona2
yang dimaksud.

Idealnya, dianalisa dulu makna/arti nama tersebut, asal usul, arti ataupun
historinya, sebelum nama tersebut diberikan individu yang dimaksud.
Jangan2 sampai berlawanan arti, antara yang dikehendaki dengan arti/makna dari
nama tersebut. Contoh, saya pernah dengar seseorang bernama CHRISTINA MAGDALENA
ternyata manusianya orang ISLAM. Apa disengaja? Supaya kontrast? Atau punya
unsur2 tertentu? Atau memang tidak tahu artinya? Atau yang kebalikan. Misal
lainya orang kristen bernama MUHAMMAD. Ini wajib tidak didizinkan oleh yang
berwenang, karena bisa2 menimbulakan effekt yang tidak diinginkan nantinya.
Jadi preventip lebih bagus, daripada2, mendingan2.
Selain itu, mohon kepada PNS yang dibagian catatan Sipil pembuat akta
kelahiran, hendaknya seseorang yang mengerti asal usul nama dan mengerti bahasa
asing. Ataupun sang orangtua pemberi nama, diwajibkan meminta keijinan suatu
instansi atau Perguruan Tinggi/ Badan yang souveranitas.
Sesudah dapat arti/makna nama dari Badan tersebut, baru pejabat pembuat akta
kelahiran melegalisir nama tersebut. Tetapi mohon, janganlah mendirikan
birokrasi yang sifatnya MUMPUNG, hanya dgn  modal TRIBUT, bisa mendapatkan nama
yang didingini, yang penting duitnya.
Sewaktu masa pendataan/pergantian nama2 orang2 Jahudi diGerman dulu, yang
kurang duit namanya KNOBLOCH (bawang putih) atau KALBFLEISCH (daging sapimuda).
Dirantau saya ini, sekiranya ada nama2 yang tidak senonoh atau meragukan
identitas bayi tersebut(misal WAN-DOLA BIN ATANG, YUNO BIN ATU)bakal ditolak
oleh pegawai catatan sipil yang berwenang.
Jikalau sang orangtua tetap bersikeras, yah terpaksa menuntut, diperkara
selanjutnya diputuskan oleh hakim, dengan jalur UU yang berlaku.
Selain dari itu nama bisa diganti secara legal, bila yang bersangkutan nantinya
memohon kepada yang berwenang, dengan alasan2 yang bisa diterima oleh akal
sehat serta UU yang berlaku.
Bukan Kasi Uang Habis Perkara, seperti dinegara Republik Banana sana.

Nama2 yang laris manis yang sering terdengar/terbaca oleh
saya......................., sengaja tidak saya tulis, takut tersinggung, kan
saya bisa BENJOL Saya maunya yang aman2 saja kok.

Untuk renungan bagi dunsanak2, kenapa tak ada (sedikit sekali) diantara
dunsanak2 kita yang memberikan putra/putri mereka nama2 KHAS Minangkabau yang
unik2? Misalnya.........yah para ibu2 da bapak2 serta dunsanak2 di Palanta jauh
lebih tahu dari saya, semoga maklum.

Sekianlah dulu ota2 omong kosong, dari saya,

Wassalam,
Muljadi

-------- Original-Nachricht --------