Assalamualaikum wr wb

Terkait dengan berita ini, saya kira secara teknis tidak terlalu sulit untuk
menembus bukit sepanjang 28 km tersebut untuk membuat jalur terowongan yang ada
di bawah Taman Hutan Raya Bung Hatta, yang saya perkirakan akan menyambung
jalur
kereta api yang menuju Pabrik Semen Indarung  PT Semen Padang.

Selain itu prinsip dasar dari pengerjaan teowongan ini sama persis dengan
pembuatan Terowongan Air PLTA Singkarak & PLTA Maninjau. Selain itu perlu
diketahui pula bahwa selama ini PT Bukit Asam Unit Pelaksana Ombilin (UPO)
Sawahlunto memang bergerak pada penambangan batu bara bawah tanah (underground
mining) yang mengadopsi teknik penambangan Jepang yang menghubungkan 2 pulau
Hikesima & Hikisima yang terbentang pada jarak 4 mil pada 600 meter dibawah
permukaan laut.

Kebetulan pada tahun 2004 saya pernah bekerja untuk JICA dalam memproduksi 4
film dokumenter tentang penambangan bawah tanah (mining, safety, inveronment &
mechanical engeenering) yang melakukan kerjasama dengan Balai Diklat Tambang
Bawah Tanah (BDTBT) Sawahlunto dimana saat ini banyak pekerja tambang bawah
tanah PT Bukit Asam UPO Sawahlunto yang dirumahkan karena menurunnya deposit
tambang bawah tanah di sawahlunto.

Akhir kata, melihat perencanaan tersebut, saya kira hal ini bukanlah hal yang
sulit untuk dilakukan apabila pihak terkait bisa menghubungi seluruh potensi
sdm
yang dimiliki oleh sumatera barat, berikut mengenai pendanaan, izin dan lain
sebagainya.

wasalam
AZ 32 th
padang

Posting yang berasal dari Palanta RantauNet ini, jika dipublikasikan di tempat
  2. E-mail attachment, tawarkan di sini dan kirim melalui jalur pribadi;
- Tulis Nama, Umur dan Lokasi pada setiap posting
- Hapus footer dan seluruh bagian tidak perlu dalam melakukan reply
- Untuk topik/subjek baru buat e-mail baru, tidak me-reply e-mail lama dan
mengganti subjeknya.