Assalammualaikum wr wb

Pak Suryadi, saya hanya bisa tertawa geli dengan alasan "alah sesuai" dengan
caro & maraso lah diabokan "juadah" lah masak sajo. Inilah menurut pendapat
saya
yang sangat keliru. Mengapa saya sebutkan keliru? sebab kalau kembali pada
paham
egaliter tentunya timbul pertanyaan siapa saja yang berhak? tentunya akan
berhak
seluruhnya. Namun bagaimana cara mengajak seluruh elemen? karena saya kira
siapapun orangnya akan "latiah" sebelum alek dimulai. Baa kok taka itu?
silahkan
diinvetarisir seluruh lembaga/kelompok/organisasi/institusi yang akan dibawa
serta.

Dari organisasi ini saja antara LKAAM & MTKAAM sampai saat ini tidak ada titik
temu, masing-masing mengklaim punya dukungan sendiri, sedangkan Pemda prov
Sumbar hanya mengakui LKAAM & tidak MTKAAM, namun tidak seluruh ninik mamak ada
di LKAAM bahkan di MTKAAM. Saya kira kedua lembaga ini tidak akan mau duduk
bersama & akan "berjibakutai" sebelum alek akan dimulai. Bayangkan saja perlu
berapa energi untuk menghubungi seluruh pemangku adat itu.

Kalau kita rujuk kembali pada kata minangkabau, ada 630 nagari di & 64 KAN dari
minangkabau yang di "Sumatera Barat". Belum lagi kita hitung berapa minangkabau
yang ada di Riau, Jambi & Bengkulu (apabila kita merujuk pada wilayah
minangkabau berdasarkan tambo). Saya kira untuk mengajak saja paling tidak
perlu
waktu 1 tahun baru selelsai. Dari Januari hingga Desember, hanya untuk mengajak
saja. Yang menjadi pertanyaan saya, apakah pihak-pihak yang sudah dibawa serta
pada di awal Januari masih progress terhadap apa yang akan diusung? saya
khawatir mereka akan lupa (sebab terlalu lama sosialisasinya).

Terkadang kita selalu mempertahankan ego hanya karena masalah "dibao sato atau
indak". Belum lagi msalah suka atau tidak suka pada orang yang mengajak, pantas
atau tidak pantas siapa yang mengajak. Saya tidak bisa mmbayang energi yang
diperlukan untuk itu & sungguh adalah pekerjaan yang sia-sia. Dan saya sebutkan
hal itu akan mustahil dilakukan, sebab saya sudah merasakan sendiri bagaimana
siang malam keliling sumbar & tidur dijalanan selama 6 hari 6 malam secara
sukarela, sedangkan para pendahulu kita telah melakukan yang lebih baik dari
itu
& pernahkah kita berpikir bagaimana sosialisasi mengajak seluruh masyarakat
minangkabau untuk bersama-sama angkat senjata di masa PRRI. Antahlah
yuang.......

terkadang kita hanya pandai berbicara namun tidak mau bekerja
tekadang kepintaran kita tidak membawa diri kita menjadi lebih arif & bijaksana

wasalam

AZ - 32
Padang