Mak Ngah, bung Imran, dan sanak sapalanta nan ambo hormati,

Terima kasih Mak Ngah informasinya yang bermanfat untuk mengenal
Mentawai dengan sejumlah permasalahannya. Setahu saya memang hampir
seluruh hutan di pulau Pagai dan Sipora telah habis dieksploitir sejak
zaman Orba. Masih tersisa di yang di Siberut, dan ini juga terus
menjadi incaran para cukong.
Budaya dan local knowledge orang Dayak atau Mentawai akan tercerabut
dari akarnya bersamaan dengan hilangnya hutan mereka, sebagaimana
halnya juga dengan budaya Bali jika mereka terpaksa meninggalkan lahan
pertaniannya yang berubah menjadi bermacam resort dan hunian.

Saya juga sependapat bahwa kedatangan wisman ke Mentawai lebih
merupakan hasil dari promosi gencar yang dilakukan tour operator
mancanegara, serta warga asing pemilik resort dan fasilitas wisata
lainnya.

Inilah salah satu hal yang menarik untuk menjadikan Mentawai sebagai
case study pariwisata Sumbar. Khusus menyangkut Mentawai, promosi di
luar negeri yang dikatakan berbiaya mahal untuk mendatangkan wisman,
mungkin tidak seluruhnya benar.

Begitu juga dengan dampak positif sosial ekonomi pada anggota
masyarakat, saya sependapat dengan Mak Ngah. Mereka praktis belum
meningkat kemakmurannya, malahan ditengarai sejumlah kawasan sudah
'dimiliki' atau dieksploitir oleh orang asing. Kawasan yang tadinya
tentunya milik warga atau tanah negara. Kalau kita masuk ke kawasan
seperti ini tentunya sudah tidak jelas lagi siapa yang 'tamu' dan
siapa pula yang 'tuan rumah'.
Kasus seperti ini sudah terjadi diberbagai lokasi pariwisata di
Indonesia ; tentunya suatu case study di Mentawai akan bermanfaat
untuk mencegah terjadinya hal yang sama di Sumatera Barat.

Bung Imran, lontaran pemikiran saya pada intinya tidak berbicara
tentang seseorang, tapi lebih kepada suatu sistim.
Ala kadarnya sejumlah informasi menyangkut Kadin Pariwisata yang bung
Imran sebutkan itu pernah juga terbaca di RN, atau media lain, atau
dari obrolan sehari-hari.
Saya ini non partisan yang tidak punya sesuatu keterkaitan apapun
dengan pejabat baru, lama, atau siapapun tokoh di Sumbar. Tidak ada
'vested interest' saya dalam permasalahan pariwisata ini. Tulisan ini
hanya dalam rangka sharing dengan dunsanak yang lain.

Kalau saya menyinggung statement pak Wagub, itu hanya untuk menekankan
bahwa permasalahan pariwisata Sumbar bukanlah masalah sederhana yang
disebabkan satu faktor khusus saja. Kalau ini permasalahan sederhana
tentunya aneh kalau selama 65 tahun merdeka, Sumbar tetap belum mampu
mengembangan sektor andalan yang memprihatinkan yang sering sekali
disebut sebut ini.

Kalau secara sederhana kita bicara tentang job spec, job description,
serta tuntutan kebutuhan lainnya untuk posisi Kadin pariwisata
tersebut ; kalau menurut pendapat saya, permasalahan/kekurangan
pejabat lama itu mungkin lebih dari pada sekadar jalan-jalan saja.
Kalau dia dinilai baik, tentunya pariwisata Sumbar sudah 'berlari' dan
bukan merangkak tertatih tatih seperti sekarang ini.

Jadi kalau BA-1 dan BA-2 ingin mencari pejabat yang lebih baik,
menurut pendapat saya carilah pejabat yang minimal mengerti mengenai
permasalahan pariwisata Indonesia dan Sumbar pada umumnya serta
Mentawai pada khususnya, memiliki kiat-kiat terobosan yang jitu,
memahami enterpreneurship, punya wawasan tentang ekonomi kerakyatan,
serta punya kemampuan managerial dan leadership yang memadai untuk
mensinkronkan langkah para Bupati yang tampaknya sering punya
sasarannya sendiri pula.

Tapi akan sangat sayang jika 'gajah yang di pelupuk mata' ini tidak
dicermati, dan kemudian kembali (dan kembali lagi) jalan-jalan kesana
kemari untuk studi banding melihat  'kuman/tumo di seberang lautan'.

Maaf dan wassalam.

Epy Buchari

Posting yang berasal dari Palanta RantauNet ini, jika dipublikasikan di tempat
  2. E-mail attachment, tawarkan di sini dan kirim melalui jalur pribadi;
- Tulis Nama, Umur dan Lokasi pada setiap posting
- Hapus footer dan seluruh bagian tidak perlu dalam melakukan reply
- Untuk topik/subjek baru buat e-mail baru, tidak me-reply e-mail lama dan
mengganti subjeknya.