From: Syofiardi BachyulJb <bach...@yahoo.com>
Sender: rantaunet@googlegroups.com
Date: Wed, 22 Sep 2010 03:34:41
To: <rantaunet@googlegroups.com>
Subject: Re: Hak Jawab Palanta RantauNet >>RE: [...@ntau-net] Haruskah Admin dan
 Pengurus rantaunet minta maaf ?

Batua Pak Chairul,
Subananyu itu nan ambo mukasuik, tentang 'fitnah'. Bahaso hukumnya 'pencemaran
nama baik'. Open publik di dunia maya secara hukum bisa dijerat KUHP, tambah
sekarang UU ITE.

"Isi di luar tanggung jawab penerbit" tidak akan menolong, sebab kalimat ini
yang biasa dimuat di media cetak juga dimaksudkan sebagai bagian tanggung jawab
penerbit. Artinya penerbit harus menolak mencetak jika media yang akan
dicetaknya berimplikasi hukum. Misalnya memperbanyak gambar porno (pornografi).
Penerbit tidak bisa berlepas tangan.

Banyak yang berkiprah di dunia maya kurang tahu tentang hukum yang akan
menjerat. Itu karano sosialisasi tentang dunia ko masih alun ado. Pers yang
sudah banyak memiliki web pun masih banyak redaksinya tidak paham, karano iko
barang baru. Sebagai contoh komentar bebas di bawah berita yang sarat
penghinaan.Ini suatu ketika bisa berimplikasi hukum. Bukan ke komentator, tapi
ke redaksi.

Ambo bersyukur acok dapek pelatihan hukum pers melalui AJI, IFJ, dan SEAPA
sebelum mengelola media. Seringkali awak tahu ada nan babahayo, tapi jari
kadangkala labiah capek dari utak bakarajo. Labiah capek pulo mamposting yang
bisa dibaco banyak urang. Proses serba kilat ko nan babahayo, padohal konten di
dunia maya ko lebih tahan lamo dan gampang diakses (dibaco) dibandiang koran.

Kalau konten awak di RantauNet indak ado nan mengarah pencemaran nama baik
(bisa
person, bisa lembaga), pernyataan GM KKM tidak perlu terlalu diseriusi, karano
juo berkaitan dengan kebebasan berpendapat dan berekspresi yang dijamin UU.
Karano yang di GM KKM sanak-sanak kito pulo, ado baiknya apo nan dimukasuik
diminya secara detil, bia tahu dimana latak soalnyo.

Takurang-talabiah mohon maaf.

Wassalam,
Syofiardi (40/Padang)