Assalamualaikum wr. wb.

Surat  103 ayat 1-3 adalah surat Al-Ashr (Demi Masa) Makkiyyah, 3 ayat Dalam
surat ini, Allah swt. bersumpah demi masa – karena masa mengandung banyak
keajaiban dan pelajaran yang menunjukkan kemahakuasaan dan
kemahabijaksanaan-Nya– bahwa manusia tidak akan lepas dari kekurangan dalam
perlakuan dan keadaannya, kecuali orang- orang yang benar-benar beriman yang
mengerjakan amal saleh, saling menasihati sesama mereka untuk berpegang
teguh dalam kebenaran yang mengandung semua kebaikan, dan saling menasihati
untuk bersabar dalam melaksanakan apa yang diperintahkan kepada mereka dan
dalam menjauhi segala larangan.

1. Aku bersumpah demi masa karena mengandung banyak peristiwa dan pelajaran.

2. Bahwa semua manusia berada dalam kerugian karena banyak dikuasai oleh
hawa nafsunya.

3. Kecuali orang-orang yang beriman kepada Allah, mengerjakan amal saleh
dengan penuh kepatuhan, dan saling menasihati sesamanya untuk berpegang
teguh pada kebenaran – baik berupa keyakinan, ucapan maupun tindakan – dan
saling menasihati untuk bersabar atas segala kesulitan yang dialami orang
yang berpegang teguh dalam beragama. Mereka adalah orang-orang yang selamat
dari kerugian tersebut dan beruntung di dunia dan akhirat.

Wass. Wr. Wb. Darwin Chalidi, 61, Tangerang Selatan