Assalamulaikum wr wb,

Pak Firdaus HB nan ambo hormati, bagi kami nan tingga di Padang, Sulik  Aie
terkenal dengan usaha yang bergerak di bidang perniagaan kaca. Kebetulan saya
adalah orang balai, yang hampir setiap hari keluar masuk & bergaul di Pasaraya
Padang. Seorang sahabat karib saya sewaktu kuliah di Pekanbaru dulu, juga
berasal dari Sulik Aie.

Apabila kita bertanya tentang kekompakan rang Suliek Aie ini, saya kira ada
pengaruh dari asal usul rang Suliek Aie sendiri. Mungkin yang bisa saya
tambahkan adalah sbb :

1. Sulik Aie identik dengan Datuk Mula Nan Kewi, dimana ada sekelompok
masyarakat minangkabau yang tidak tunduk kepada salah satu sistim kelarasan
(Bodi Chaniago & Koto Piliang). Oleh karenanya  Sidang Kerapatan Adat di
Pagaruyung menjatuhkan hukuman kepada kelompok ini dan membuangnya atau
menempatkannya di Sulit Air. Salah satu faktor pendukung dari rasa kebersamaan
ini adalah histori dari terbentuknya Nagari Sulik Aie.

Pisang sikalek-kalek hutan, pisang timbatu nan bagatah,
Koto Piliang inyo bukan, Bodi Chaniago inyo antah

2. Nagari Sulik Aie adalah alternatif tempat bermukim baik masyarakat minang
eks
pasukan Paderi, dimana sejarah masa lalu banyak menentukan faktor kebersamaan
ini.

3. Saya pernah beberapa kali mengunjungi Nagari Sulik Aie, pertanyaan yang
pernah timbul dari pemikiran saya, mengapa pada masa lalu, ada sekelompok
masyarakat yang mau membuka pemukiman di daerah ini, mengingat topografi yang
terjal (sulit ditempuh), padahal dibawah Nagari ini ada dataran ditepi danau
Singkarak yang landai & tentu saja memiliki sumber  air yang melimpah
(Singkarak).

4. Kearifan lokal Nagari Sulik Aie. Berbekal sejarah masa lalu, senantiasa
orang-orang tua di Sulik Aie meneruskan pesan kepada anak kemanakannya agar
selalu bersatu padu, saiyo sakato, sadanciang bak basi agar tetap bisa survive
membangun masyarakat nagari.

Saya kira ada pesan moral yang bisa diambil dari Nagari Sulik Aie, dimana
merupakan "poros baru" adat budaya minangkabau yang tidak memihak pada kedua
Laras yang pada masa lalu sering berpolemik. Pembaharuan memang diperlukan
terus
menerus dalam dinamika masyarakat dengan tetap bertopang pada adat nan usali
(tentu saja yang baik tetap dipertahankan, yang buruk tidak dipakai lagi).

Saya kira ini hanyalah analisis dangkal saya sebagai urang lua dari Nagari
Sulik
Aie, mungkin banyak terjadi kekeliruan dari pemahaman saya, mohon  dimaafkan.

wasalam

AZ - 32 th
Padang
asa Nagari Kubang
masih mudo mantah, tantu iyo "kodok" khilaf, mohon ditunjuak ajari.