________________________________
Dari: Zulkarnain Kahar <kahar_zulkarn...@yahoo.com>
Kepada: rantaunet@googlegroups.com
Terkirim: Rab, 6 Oktober, 2010 13:49:27
Judul: Re: [...@ntau-net] SAS...!! Luar biasa !!

Sulit Aia

Saya mengenal sulit kata "Sulit Aia" akhir th 1978 di Bima Nusa Tenggara
Barat. Karena banyak kawan kawan saya sama sama panggaleh kaco mato, kabek
pingang, pakaian  dan pedagang kaset-kaset. Semua barang dagangan dibeli dari
surabaya dan dijojokan dari pakan pakan di seluruh NTB sampai ka maumere..NTT.

Yang menarik saya lihat mereka saling mendukung satu sama lain dan respek
dengan
Pak Tua (saya memangilnya "Pak Tua" karena beliau sudah seumur ayah
saya) sang senior manggaleh babelok yang juga dari Sulit Aia. Boleh
dibilang tidak ada yang berani beragumentasi dengan Pak Tua kecuali saya, walau
pak tua tak pernah bosan menasehati saya agar saya rajin, disiplin jan ditingga
tinggakan galeh ...semoga satu saat nanti indak barang urang nan dijua lai.

Tau dimana Sulit Air Zul? kata pak Tua, pada saat kami sama sama dalam perjalan
ke Labuhan Bajo dek ado pasa malam disinan manjalang MTQ lokal. Saya hanya
menjawab "Taulah di Sumatera Barat, tepatnya ndak.." . Pak tua tak sempat
bercerita karena ombak kapal kecil yang kami tumpangin membuat beliau pusing.

Tahun 2006 waktu saya melihat kembali rantau lama saya di Muara Dua OKU
 Sumatera Selatan, tempat saya pernah jadi Pak Guru SMP Cokroaminto dan SMA
Muhammadiah. Saya sekali lagi terkaget kaget dibelakang SMP Cokroaminoto tempat
saya mengajar dulu Sudah bernama "Kampung Minang" satu satu nya di Nusantara
ini
ada kampung Minang... 90 persen mereka adalah keluarga berasal dari Sulit
Aia...
Dengan adat orang ogan yang sedikit keras saya bertanya pada mereka bagaimana
Bapak bapak bisa menyatu disini.. Salah satu dari mereka menjawab "Demi
kepentingan bersama nan kareh kareh arang diawak dipacik dulu jan sampai rusak
susu sebelanga". Bahkan mereka dalam komplek Minang tsb. mampu pula membangun
dengan swadaya tempat Ibadah. Sulit Air Lagi

Tiga hari mejelang Hari Raya kemarin waktu mengobrol  berdua dengan Pak Konjen
RI disini yang baru datang beliau menyebut pula "Orang sulit Aia itu mampu
membangun kampuang nya" saya sambut dengan,  "mereka orang minang kita jugakan
orang minang why not? ". Sulit Air Lagi

 Dua minggu lalu seorang teman dari Indonesia  asal jambi yang pernah
assignment
di Melbourne berkata " Waktu di Melbourne juga ada perkumpulan Minang yang
kayak
gini, kalau ndak salah mereka dari Sulit Air" katanya..  Sulit Air Lagi

Sampai hari ini .. saya tak tahu persisnya dimana letak Sulit Air.Kalau ada
kesempatan pulang ke Indonesia tahun depan ingin juga melihat sendiri daerah
ini
.

Yang saya tahu kawan kawan dari Sulit Air yang saya kenal..
Adalah : Rajin, disiplin, mawas diri, selalu menghindari pertengkaran dan yang
tua tak bosan bosan mengayomi yang muda muda..

Nasihat Pak Tua dari Sulit Air yang masih saya ingat:
- Awak kamari manggaleh, mancari pitih bukan untuak bacakak
- Jan bacakak jo urang siko, awak ka ma-ambiak pitihnyo
- Iko baa ko acok bana galeh batingga tinggakan..
- Jan lagu barat juo nan diputa, lagu Elvi Sukeisih, Al rafiq dan Oma Irama nan
kadiputa ...( takana saat manggaleh kaset, saat itu ambo kesal jo Pak Tua, yang
selalu ikut campur urusan orang Semakin dilarang semakin ambo puta full volume
tape ambo. Belakangkan baru saya sadar, maksudnya baik)

Kini mandanga pulo Sulit Air dari Rantuanet...  oh Sulit air riwayatmu
mengalir
terus...

Salam manis untuk Pak Tua entah dimana dikau berada walau aku tak pernah tahu
namamu...

Zulkarnain Kahar