Oleh : Reflusmen

Assalamualaikum wr wb

Angku, mamak, bundo sarato adi dunsanak sapalanta RN nan ambo muliakan.
Sebelumnya, ambo mohon maaf karen a lah lamo indak mancogok di palantako, BB
ambo rusak, indak bisa mambale / majoring email.
Kesederhanaan Natsir, tak bisa dilupakan oleh George McTurnan Kahin,
Indonesianis asal Amerika adalah penampilan Natsir saat menjabat Menteri
Penerangan ” Ia memakai kemeja bertambalan, sesuatu yang belum pernah saya
lihat diantara para pegawai pemerintah manapun” Kata Kahin.

Mohammad Natsir (lahir di Alahan Panjang, Lembah Gumanti, Solok, Sumatera
Barat, 17 Juli 1908 – meninggal di Jakarta, 6 Februari 1993 pada umur 84 tahun)
adalah perdana menteri kelima, beberapa kali menjadi Menteri Penerangan,
pendiri sekaligus pemimpin partai politik Masyumi dan pendiri Dewan Dakwa Islam.

Beliau, salah satu toko Islam nan bergaul akrab dengan tokoh-tokoh Katolik,
Kristen dan Komunis, selalu mengirim bunga saat Natal ke rumah Chris Siner Key
Timu dan Natsir bisa minum kopi dengan D.N Aidit yang menjabat Ketua Central
Committee PKI.

Natsir yang mendukung Islam dan Soekarno menjagokan nasionalisme-sekularisme
sebagai dasar Negara, tahun 1930 terlibat polemik panjang dan berakhir dengan
saling mengagumi. Perbedaan ini malah membuat hubungan Natsir dan Soekarno di
awal kemerdekaan sangat akrab.

Presiden Soekarno dalam suatu pertemuan berucap ” Bung Natsir, kita ini dulu
berpolemik, yaa… tapi sekarang jangan kita buka-buka soal itu lagi”

Kepentingan Negara di atas perbedaan pendapat pribadi.

Saat Syahrir sang Perdana Menteri mengusulkan Natsir menjadi Menteri
Penerangan, Presiden Soekarno berucap ” Dialah Orangnya” dan Bung Hatta
menjuluki Natsir sebagai ”Menteri Kesayangan”, tak satupun pidato Presiden
Sukarno yang dibuat tanpa melalui persetujuan Natsir.

Puncak kemesraan hubungan Soekarno dan Natsir, saat mosi kembali ke negara
kesatuan mendapat suara mayoritas di Parlemen. Natsir menjadi Perdana Menteri
dan wakilnya Sultan Hamengku Buwono IX, namun Partai Nasional Indonesia dan
Partai Komunis Indonesia tidak mendukung kabinet.

Sukarno- sesepuh Partai Nasional Indonesia meminta dan mendukung Natsir
membentuk kabinet tanpa kedua partai tadi. Kabinet ini dikenal dengan
zakenkabinet alias kabinet ahli yang berasal dari orang-orang terpilih tanpa
pertimbangan partai.

Sayang, kemesraan ini berakhir karena Natsir kecewa terhadap Bung Karno yang
memihak PKI dan cenderung otoriter. Natsir bergabung dengan mendirikan
Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia ( PRRI) /Perjuangan Rakyat Semesta
pada tahun 1958. Natsir ditangkap dan dijebloskan ke penjara bersama tokoh
lainnya tanpa pengadilan.

Setelah Soeharto menjabat Presiden, Natsir dan beberapa tokoh politik lainnya
dibebaskan dari penjara dan Natsir mengeluarkan pernyataan yang mendukung Orde
Baru. Atas dukungan terhadap Order Baru tersebut, Natsir dijanjikan dapat
melakukan gerakan politik, namun rencana Natsir untuk menghidupkan kembali
Masyumi ditolak oleh Soeharto.

Diawal Pemerintahan Soeharto, Natsir diminta untuk mencairkan hubungan Jakarta
dengan Malaysia akibat operasi ”Ganyang Malaysia” pada zaman Sukarno.
Permintaan ini, karena utusan Soeharto ditolak oleh Perdana Menteri Malaysia
Tengku Abdul Rachman.

Dengan tulisan tangan, Natsir mengirim surat kepada PM Abdul Rachman meminta
memperbaiki hubungan antara Indonesia dan Malaysia. Setelah menerima surat itu,
hubungan menjadi cair.

Pada tahun 1980 Natsir memperlihatkan watak aslinya, ikut menandatangani Petisi
50 karena melihat Soeharto yang cenderung Otoriter.

Anggota Petisi 50 dilarang pergi ke Luar Negeri sehingga tahun 1990 Natsir
tidak bisa menerima undangan dari Universiti Kebangsaan Malaysia dan Universiti
Sains Pulau Pinang untuk menerima gelar Doktor kehormatan.

Anwar Ibahim, mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia menulis;

Natsir, Politikus Intelektual.

Hingga hari ini, sejak pertemuan pertama saya dengan Pak Natsir saat saya
memimpin mahasiswa Malaysia di Indonesia, saya terkesan bahwa beliau adalah
sosok, sikap dan tingkahnya sangat sederhana.

Sewaktu saya ke Jakarta awal 1980-an saat menjabat Menteri Kebudayaan, Belia
dan Sukan, saya ingin menemui Pak Natsir, namun beliau lebih dahulu datang ke
Hotel dan kami sarapan pagi bersama di kamar Hotel.

Ketika menemui Pak Harto, saya jelaskan bahwa Pak Natsir ibarat Bapak saya di
Indonesia, kami hanya mengobrol secara umum, maklum, saat itu Pak Natsir
terlibat Petisi 50.

Terakhir, ketika saya menjabat Timbalan Perdana Menteri menemui Pak Natsir di
hospital ketika beliau sedang tenat, suasana memilukan dan menyayat hati, saya
sedih melihat keadaan hospital, dan saya merasa layanan sebegini tidak layak
untuk seorang pemikir Islam besar. Saya rasa beliau wajar mendapat layanan yang
lebih baik. Beberapa bulan kemudian, saya dapat berita beliau telah berpulang
ke rahmatullah.

Menarik, mengenal kisah tentang Natsir yang bersumber dari Buku :

Seri Buku TEMPO

”Natsir”

Politik Santun di antara Dua Rezim

yang diangkat dari liputan khusus majalah Berita Mingguan Tempo.

Buku ini diterbitkan oleh:

KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) bekerja sama dengan Majalah Tempo.