Assalamualaikum wr wb,

Pak Saaf dan angku Sutan Sinaro sarato jo dunsanak yang terhormat.

Cukup menarik topik dan dialog ini, karena itu satolah awak saketek untuk turun
bertukar fikiran.

Yang menjadikan topik ini menarik adalah pada busana / pakaian yang digunakan
oleh para petinggi LKAM dalam mengunjungi para terdakwa kasus tindak pidana
korupsi di LP Muaro tersebut, yang tidak lain adalah baju kebesaran adat
Minangkabau. Selama ini yang kita kenal baju kebesaran adat Minangkabau dipakai
dalam acara-acara tertentu misalnya dalam acara batagak pangulu ataupun dalam
acara perhelatan perkawinan dan lain-lainnya lagi. Arti dan makna baju
kebesaran
adat Minangkabau bisa degradasi bila pemakaian baju tersebut dilakukan pada
sesuatu yang kurang tepat.

Yang kedua yang menarik dari dialog tersebut adalah pada kasus perbandingan
yang
digunakan oleh sanak Sutan Sinaro. Sutan Sinaro mencoba membandingkan dengan
kasus seorang Yahudi yang mencuri baju besi Ali bin Abi Thalib. Menurut hemat
kami perbandingan yang demikian tentu kurang proporsional. Pencurian baju besi
yang dilakukan oleh si Yahudi hanya menimbulkan kerugian kepada Ali secara
pribadi atau individual dan tidak menimbulkan kerugian kepada negara baik
secara
langsung ataupun tidak. Sementara  korupsi, sudah pasti mendatang kerugian
kepada banyak orang baik secara langsung ataupun tidak.

Korupsi tersebut ibarat kanker. Jika jempol seseorang terkena oleh serangan
kanker, boleh jadi akar dari kanker tersebut sudah menjalar kemana-mana,
menggerogoti seluruh bagian dari tubuh, walaupun sel kanker yang menyerang
jempol tersebut baru kelihatan sebesar biji jagung. Maka oleh dokter cara yang
paling baik mencegah peyebaran sel kanker tersebut ke bagian tubuh yang lain
adalah dengan cara mengamputasi jempol tersebut dalam waktu yang lebih dini
agar
sel kanker tidak menjalar lebih jauh kebagian tubuh yang lain. Pencurian baju
besi Ali oleh si Yahudi dapat diklasifikasikan sebagai tindak pidana ringan,
sementara korupsi bersifat sophisticated.
Terima kasih.

Ambiar Lani
L/59/Jakarta-Bekasi