Bpk/Ibu keluarga Palanta Rantaunet yth, baribu maaf dari ambo...alun salasai
manulis laporan lalu tapencet send nyo jadi bisa miss pulo beko. Kini ambo
lanjutkan.

Assalamu'alaikum. W.W.
Alhamdulillah saya bisa melaksanakan tugas organisasi saya selaku Ketua Gebu
Minang Jatim utk Menghadiri Mubes V Gebu Minang di Padang Panjang.
Sebagaimana yg saya infokan terdahulu bahwa saya sangat meragukan kesiapan
Kepanitiaan dan sangat meragukan keseriusan Pengurus, sehingga saya mengemas
keberangkatan saya menghadiri MUBES sekalian berlibur bersama keluarga besar.
Dan semua terbukti.

Dari Jakarta saya juga satu pesawat dg Koordinator Keamanan dari Panitia
Pelaksana Mubes  yaitu Kombes Mishar, kami duduk bersebelahan, berangkat dari
Jkt  dg Sriwijaya Air hari Jum'at 8 Juli 2011pukul 15.50. Banyak yg kami
diskusikan sepanjang perjalanan.
Sesampai di Padang saya urus dulu urusan keluarga, malam hari berangkat menuju
Bukittinggi. Nginap di rumah keluarga di Bukittinggi. Sepanjang perjalanan saya
berkomunikasi terus dg beberapa Pengurus Ikatan Keluarga Minang dari Propinsi
lain, antara lain Pak Herman Malano dari Lampung, Pak Dt Malano dan Dt Marah
Bangso dari Sumsel, Pak Basko dari Riau, Pak Asril Das dari Jabar,  serta
Bakor2 dari Jkt. Saya menerima semua keluhan para peserta. Bagi saya sdh siap
melihat ketidak beresan Pelaksanaan Mubes krn sdh memprediksi jauh hari
sebelumnya.
Pak Mulyadi boleh saja menyampaikan laporan dari sisi beliau bahwa seakan2
berjalan lancar semua, dan memang beliau ikut memimpin sidang, dan sangat saya
hormati pendapat Pak Mulyadi tsb. Tapi bagi saya tidak ! Ketua BMKM Sumsel
berkali2 menyatakan kekecewaannya...bahkan saking tidaknyaman nya beliau krn
tdk terlayani dg baik dan saat sidang juga merasa dipermalukan padahal beliau
adalah Formatur waktu MUBES 2005 dan Pengurus Inti di Kepengurusan Gebu Minang
2005-2010. Sampai beliau mengatakan"kalau ka bantuak iko juo Mubes Gebu Minang
ko, ambo indak katibo lai nan akan datang". Dan banyak lagi komentar2 miring
spt ini.
Saya tidak akan ceritakan secara detail permasalahan kesulitan/kekurangan dll
dari Panitia Mubes. Saya justru mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan
pengorbanan beliau2 semua.
Hal penting yg ingin saya laporkan dalam kesempatan ini adalah ;
1. Sekjen tidak hadir di acara Tertinggi Organisasi ini.... "MUBES"...tanpa ada
klarifikasi dan penjelasan, sudah barang tentu menjadi kacau, krn harusnya
beliau yg mengkoordinasikannya.
2. Bahan2 Mubes yg dibagikan, salah satu yg menjadi sorotan dari peserta adalah
Laporan DAMI, Dana Abadi Minangkabau. Dalam laporan tertulis itu di posisi
lembaran utamanya jelas terbaca nama Ketua Umum Gebu Minang, komitmen
menyumbang Rp. 5 jt, tapi sampai saat ini, MUBES V belum melunasi komitmennya.
Org2 menertawai itu dan ngomong lagi ke saya...bagaimana mungkin bisa jalan
DAMI tsb bila Komandan Organisasinya saja tdk komitmen. Menurut saya ini adalah
hal konyol, saya justru kasihan pada Ketua Umum, jangan2 beliau tidak tahu,
harusnya Sekjen mengamankan hal2 sensitif dalam semua laporan yg dibagikan.
Bisa diselesaikan dulu dsb.

Sungguh banyak keanehan2...hampir semua peserta sepakat bahwa ini adalah MUBES
yg terjelek dari selama sejarah MUBES GEBU MINANG. Peserta sangat sedikit,
panitia tdk siap melayani peserta dg baik, termasuk dalam hal registrasi.
Ketika pagi hari saya datang, semua mengeluhkan belum bisa registrasi, masuk
saja dulu kata panitia. Peserta hanya senyum2 saja. Penuh kesabaran....
Saya langsung menyerahkan mandat, lalu masuk ruangan sidang mengukiti acara
Pembukaan, menyalami Ketua Umum dan Pengurus Inti lainnya...setelah itu saya
ambil sikap tidak mengikuti rangkaian MUBES lainnya. Saya merasa lebih
bermanfaat berlibur dg keluarga dari pada menghadari Acara yg seperti
.......itu.

Apapun itu, MUBES sdh selesai. Laporan yg lebih jelas dan tegas kita tunggu
dari peserta. Tak perlu ikut2an menjaga pencitraan padahal kita berantakan.
Sepertinya Organisasi Besar ini berhasil dikerdilkan oleh Pengurusnya.

Sekarang Pak Yamin sdh terpilih sebagai Ketua Umum secara aklamasi, dan
Formatur pun tdk dipilih, diserahkan bulat2 ke Pak Yamin utk menyusun
Kepengurusan. Saya bangga kepada Pak Yamin, yg mau berkorban utk mengemban
amanah yg tidak mudah ini. Menurut saya kita semua juga wajib membantu beliau,
jangan beliau sia2 nantinya.

Selamat Pak Yamin, Selamat utk semua peserta MUBES, selamat utk kita semua.
Sama2 kita lihat, dukung, dan ikuti bagaimana perjalanan Gebu Minang 5 tahun ke
depan. Apakah membaik ataukah justru hilang ditelan waktu.
Lima tahun lagi, kami yg muda2 kader2 Bpk/Ibu semua, siap memimpin dan
mengorganisir GUBE MINANG ini....kami siapkan diri dari sekarang. InsyaAllah,
tentu dengan selalu mengharapkan ridho dari Allah SWT.

Wassalam
Firdaus HB (43).
Ketua Gebu Minang Jatim
www.gebuminangjatim.org

Mubes V Gebu Minang  Yamin terpilih secara aklamasi dan tanpa didampingi
Formatur dlm menyusun Kepengurusan. Organisasi besar ini sudah diserahkan
bulat2 kepada Pak Yamin.
Hitam putih organisasi ini selanjutnya ada ditangan Pak Yamin.